MY CLEANSING ROUTINE

by - February 14, 2018

Assalaamu'alaikum!

Membersihkan wajah adalah tahapan paling dasar dalam merawat kulit yang harus dilakukan setiap hari. Kalau wajah penuh dengan kotoran, minyak berlebih, serta sisa skincare yang digunakan, apabila tidak dibersihkan bakalan menumpuk ke dalam pori-pori kulit lalu tersumbat sehingga rawan terbentuknya jerawat! Hiii, nggak mau kan? Wajah yang bersih juga dapat membantu produk skincare lebih masuk ke dalam kulit sehingga efeknya bisa berasa.

Double cleansing merupakan salah satu teknik membersihkan wajah yang selalu diperbincangkan, apalagi bagi kalian para cewek yang ber-make up. Tapi, ternyata sisa sunscreen yang menempel di wajah juga harus dibersihkan dengan metode ini dengan pembersih yang berbahan dasar minyak untuk langkah pertama dan dilanjutkan dengan pembersih berbahan dasar air.

Baca juga : 4 Basic Skincare Routine Steps + My Updated Skincare Routine

Selama ini, melakukan double cleansing dengan menggunakan micellar water dan sabun wajah. Ternyata, masih kurang! Sebab, yang sudah saya bilang tadi, saya selalu menggunakan sunscreen setiap hari jadi harus selalu dibersihkan sisa sunscreen tersebut dengan pembersih berbahan dasar minyak. Setelah saya ubah rutinitas membersihkan wajahku, emang ada perubahan sih di wajah saya. Penasaran kenapa? Baca dulu ini sampai selesai!

1. FIRST CLEANSING WITH OIL CLEANSER

Nah, langkah ini yang saya tambahkan ke rutinitias membersihkan wajah harian saya setelah beraktivitas seharian. Awalnya saya tidak merasa perlu menggunakan ini, tapi ternyata perlu juga. Akhirnya, saya mencari cleansing oil yang tepat sesuai dengan budget dan wanginya enak. Sebenarnya saya sempat mencoba cleansing oil-nya The Bath Box (tapi lupa namanya apa) tapi wanginya kurang enak. Namun, akhirnya saya mencoba Emina Traceless Oil Cleanser karena harganya yang sangat terjangkau.

Baca juga : My Cleanser Collection


Sedikit review aja tentang produk ini. Tekstur produk ini agak cair berwarna bening. Saat diaplikasikan ke wajah juga mudah banget, apalagi diberi sedikit air untuk diemulsifikasi. Saya biasanya menggunakan sekitar 6-7 pump sekali pakai karena wajahku kan lebar banget yaa. Saya juga menggunakannya ke daerah leher karena saya juga menggunakan sunscreen ke daerah leher.

2. WIPE UP THE OIL CLEANSER WITH MICELLAR WATER

Setelah itu, saya membilas bekas oil cleanser dengan micellar water. Ternyata, emang beda banget sih sebelum dan sesudah menggunakan oil cleanser. Kalau saya hanya menggunakan micellar water saja, kotoran yang menempel di kapas yaaa lumayan sih, tapiiiii kalau saya menggunakan cleansing oil sebelumnya lalu dibilas dengan micellar water, kotoran yang menempel di kapas jauh lebih banyak, jadi terasa puas. Tapi, kapas yang saya hingga 3 kapas kemudian baru deh saya rasa bersih banget.


Micellar water yang saya gunakan bulan (dan sudah saya habiskan) kemarin adalah Wardah Seaweed Micellar Water juga Pond's White Beauty Micellar Water. Menurut saya, tidak ada bedanya antara dua micellar water ini, tapi yang membedakan adalah wangi micellar water Wardah enak dan seger banget! Dua-duanya sama-sama ampuh mengangkat kotoran, walaupun menurut saya tidak seampuh Nivea Micellar Water bahkan Bioderma Sebium Micellar Water. Namun, untuk harga yang sangat terjangkau, saya bisa merekomendasikan dua micellar water tersebut kok!

Baca juga : October Cleanser of the Month

3. WASH MY FACE WITH FACIAL WASH

Langkah terakhir, cuci muka deh pakai sabun wajah agar semakin squeezy clean. Tapi, saya tetap mencari sabun wajah yang tidak menyebabkan kulit kering. Selama bulan Januari kemarin, saya menggunakan Senka Perfect Whip yang sudah menjadi barang hits sejak bertahun-tahun lamanya. Kini, sudah masuk secara resmi di Indonesia loh! Bisa dibeli di drugstore semacam Watsons ataupun bisa beli online di Sociolla. Saya membeli ukuran yang kecil dulu harganya IDR27.000.


Teksturnya seperti krim berwarna putih, kalau dibusakan memang banyak banget busanya dan padet banget! Wanginya juga enak banget, segar banget, kayak wangi bunga tapi tidak terlalu ganggu. Saya mengusap ke wajah pelan-pelan karena menurut review banyak orang memang lebih baik busanya yang bekerja, bukan tangannya menyentuh wajah. Hasilnya, emang bikin bersih banget sih, walaupun bikin sedikit kering namun masih bisa ditolerir. Setelah saya membersihkan wajah dengan Senka Perfect Whip, hasil di wajah biasa aja sih menurut saya, tidak bikin wajah tambah segar.

Setelah saya menghabiskan Senka Perfect Whip, saya mulai menggunakan Dove Deep Pure Oil Control Facial Cleanser. Karena sudah habis separuh, saya kasih review singkat yaa. Teksturnya krim dan bakalan jadi busa bila ditambahkan air. Menurut saya tidak ada wanginya sama sekali, which is good bagi kalian pemilik kulit sensitif walaupun sebenarnya ditujukan untuk kulit kombinasi-berminyak. Yang saya suka dari cleanser ini adalah mengandung nutrium moisture yang justru melembapkan kulit, jadi gak bikin kering. Tapi sayangnya, tidak terlalu membantu untuk mengontrol kulit berminyak saya. Itu dikulit saya sih.

Setelah melakukan cleansing routine saya kali ini, selain wajah jadi bersih banget, wajah saya juga terhindar dari jerawat. Langkah ini pastinya cocok untuk semua jenis kulit, asalkan pilih produk pembersih yang cocok dengan kulitmu yaa! Sekian aja postingan saya kali ini, semoga bermanfaat.


Wassalaamu'alaikum!

You May Also Like

2 komentar

  1. Dih, gara-gara IG lalu tersesat kemari dan seneng banget karena isinya skincare semua. Hahahah. Kebetulan lagi nyari micellar water yang setara Ponds karena kutasanggup re-purchase Bioderma. Nyobain Wardah ah. Eh tapi bentar, baca dulu yang Nivea.

    ReplyDelete
  2. setuju Damar, penggunaan micellar water walau gimanapun pasti butuh lebih dari sekali swipe dengan kapas, kalo dilakukan tiap hari gesekan kapas dengan kulit kan juga ngga baik

    ReplyDelete