4 BASIC SKINCARE ROUTINE STEPS + MY UPDATED SKINCARE ROUTINE

by - May 19, 2017

Assalaamu'alaikum!


Kalau kalian sudah membaca postingan blog saya mengenai My (Current) Skincare Routine (baca disini) beberapa bulan yang lalu, kalian pasti tahu bahwa tahapan skincare routine saya banyak banget. Tapi, pengakuan terlarang sih bahwa saya kurang telaten dalam menjalani tahapan skincare routine saya itu. Alasannya sih, sibuk banget dengan kegiatan kepaniteraan dokter muda, berangkat pagi banget, pulang-pulang udah capek banget bawaannya pengen tidur melulu. Meskipun begitu, melakukan perawatan wajah tetap harus dilakukan demi mendapatkan wajah yang sehat, ya kan?

Sebenarnya, selain alasan itu. Entah kenapa wajah saya setelah melakukan tahapan skincare routine itu (meskipun produknya buat yang rentan berjerawat) wajah saya tambah jerawatan sih beberapa lama kemudian, tumbuh breakout, jerawatan yang tidak kunjung selesai sampai akhirnya saya menyerah untuk mengatasi jerawat dengan menggunakan produk ini itu. Kesimpulannya, saya tidak cocok dengan layering skincare routine atau menggunakan produk perawatan wajah yang terlalu banyak.


Seperti yang dikatakan Cyrille Telinge, founder brand skincare Novexpert (beberapa diantara kalian pasti tahu mengenai brand ini) pada video Skincare 101-nya Female Daily maupun di beberapa artikel wawancara dengan beliau, LESS IS MORE! Jangan terlalu banyak layering skincare. Sejak saat itu saya mulai menyederhanakan skincare routine saya, mulai tuh mencari-cari artikel di internet mengenai perawatan wajah yang wajib banget dilakukan. Setelah menyederhanakan tahapan perawatan wajah saya dengan 4 tahapan dasar perawatan wajah secara rutin, wajah saya menjadi lebih baik, setidaknya udah agak jarang jerawatan. Kalau misalnya muncul jerawat, itu karena salah produk, atau kelupaan mengganti sprei tidur, ataupun karena faktor makanan yang berlebihan seperti kebanyakan konsumsi makanan manis, berlemak, dan produk susu seperti yogurt.

Mungkin postingan ini akan panjang karena saya tak hanya menjelaskan tahapan skincare yang wajib dilakukan, namun juga menceritakan My Updated Skincare Routine yang sedang saya gunakan saat ini. In shaa Allah postingan ini sangat berguna bagi para pembaca yang baru mulai melakukan perawatan wajah secara rutin tapi nggak tahu harus memulai dari mana karena kebanyakan para pemula (bahkan saya juga) masih bingung dengan berbagai macam produk skincare yang ada di pasaran, mungkin ada essence, serum, masker, scrub, dan lain sebagainya. Nggak perlu bingung, kalau kamu ingin memulai perawatan wajah yang rutin, lebih baik kamu bisa ikuti perawatan wajah dasar ini!

1. CLEANSING


Langkah pertama yang PALING WAJIB dilakukan adalah membersihkan wajah. Kenapa? Polusi udara, minyak yang berlebihan di wajah, bahkan pemakaian sunscreen pun harus dibersihkan agar wajah bersih dan terhindar dari jerawat. Banyak sekali produk pembersih wajah di pasaran yang bisa kamu beli, nggak harus mahal kok untuk membeli pembersih wajah yang bagus, yang penting sesuai dengan jenis kulit wajahmu. Jenisnya banyak sekali, mulai dari susu pembersih, facial foam/facial wash, bahkan sekarang ada micellar water, cleansing balm, cleansing cream, dan lainnya.

Nah, pasti beberapa diantara kalian yang bingung tentang Double Cleansing, padahal sebenarnya banyak banget loh artikel mengenai ini di internet. Jadi, double cleansing itu menggunakan 2 produk pembersih wajah:

  • FIRST CLEANSER
First cleanser ini bertujuan untuk membersihkan minyak berlebihan, kotoran, debu, make up (bagi para cewek), juga sunscreen. Jenis produk ini bisa berupa cleansing milk, micellar water, cleansing oil, ataupun cleansing balm

  • SECOND CLEANSER
Fungsi second cleanser ini adalah untuk membersihkan wajah yang sudah bebas dari kotoran-kotoran yang sudah dibersihkan dengan first cleanser agar lebih bersih maksimal. Kalau jenis produknya yaaa kamu bisa menggunakan sabun muka favoritmu aja.

Kalau pagi hari, pakai second cleanser dengan sabun wajah favoritmu saja cukup, sedangkan malam hari baru kamu lakukan double cleansing. Ribet? Sementara kamu memakai sabun muka favoritmu saja gak masalah.

MY UPDATED CLEANSER

Saya suka gonta-ganti cleanser dan mencoba-coba cleanser mulai dari yang harganya sangat murah hingga yang bisa dibilang sangat mahal. Namun, akhir-akhir ini saya suka pembersih wajah yang ringan, tidak terlalu mengandung banyak busa meskipun saya tak masalah dengan sabun berbusa banyak, dan saya juga gak masalah dengan kandungan parfum dalam sabun wajah. Saya juga melakukan double cleansing setelah beraktifitas di luar rumah selama seharian, namun kalau seharian di rumah aja biasanya saya hanya membersihkan wajah pakai sabun muka saja, atau bisa saja saya melakukan double cleansing bahkan triple cleansing bila ingin memanjakan diri dengan wangi cleanser yang sangat menenangkan. Untuk pembersih wajah yang saya gunakan saat ini, saya sudah menceritakannya pada postingan saya mengenai koleksi sabun wajah saya.

Baca juga : MY CLEANSER COLLECTION

2. TONING


Fungsi toning ini adalah untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang tak sempat dibersihkan saat membersihkan wajah, menutup pori-pori wajah agar kotoran tidak masuk ke pori-pori kulit yang bisa menyebabkan jerawat, serta menyeimbangkan kadar pH kulit. Ada juga yang namanya double toning, yaitu Exfoliating toner untuk mengangkat sel-sel kulit mati sedangkan Hydrating toner untuk memberikan hidrasi setelah membersihkan wajah. Produk exfoliating toner ini sangat jarang di pasaran Indonesia, sedangkan hydrating toner ini yang paling gampang ditemui di pasaran.

MY UPDATED TONER

Untuk toner, kadang-kadang saya suka melewatkan tahap ini padahal penting banget. Saya hanya mengunakan hydrating toner. Namun, saat ini saya sedang menggunakan The Body Shop Drops of Light Pure Translucency Essence Lotion yang kadang-kadang bisa digunakan sekaligus sebagai pelembap harian bagi saya. Kadang-kadang saya juga menggunakan Viva Green Tea Face Tonic bila ingin merawat wajah yang lebih maksimal.

3. MOISTURIZING


Fungsi pelembap ini adalah memberikan kelembapan yang hilang setelah membersihkan wajah sebab minyak alami di wajah hilang setelah dibersihkan dengan sabun wajah. Pelembap pun sekarang ada yang digunakan untuk pagi (day cream) maupun malam hari (night cream). Kalau budgetmu tak cukup untuk membeli keduanya, pilih krim wajah yang tidak mengandung SPF agar bisa digunakan malam hari juga. Pastikan juga untuk memilih pelembap sesuai jenis kulitmu ya!

MY UPDATED MOISTURIZER

Saya tidak memiliki pelembap khusus sih karena saya hanya menggunakan The Body Shop Drops of Light Pure Translucency Essence Lotion karena teksturnya gel-to-water dan wajah saya menjadi lembap namun dengan pemakaian yang agak banyak sekitar 8-10 tetes.

Namun saat ini saya juga menggunakan Cetaphil Daily Advance Ultra Hydrating Lotion yang sebenarnya ditujukan untuk kulit kering-sangat kering-sensitif. Meskipun teksturnya sangat "rich" tapi di wajah saya yang berminyak-cenderung berjerawat tidak ada masalah menggunakan ini karena tidak membuat jerawat saya bertambah parah maupun menimbulkan jerawat baru. Tapi, pakainya sedikit saja karena kalau kebanyakan jadinya berminyak.

4. PROTECTING


Tahapan yang wajib dilakukan sebelum keluar rumah untuk beraktifitas seharian adalah MENGGUNAKAN SUNSCREEN/SUNBLOCK. Fungsinya untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari yang bisa merusak kulit kita, salah satu efek buruknya adalah kanker kulit, hiii gak mau kan? Yuk, gunakanlah sunscreen yang mengandung SPF untuk mencegah kulit menggelap dan mengandung PA untuk mencegah terbentuknya sel kanker kulit!

MY UPDATED SUN PROTECTOR

Kadang-kadang saya males banget pake sunscreen karena teksturnya yang cenderung lengket dan gak nyaman banget dipakai di wajah. Kalau produk ini sebenarnya sudah jelas tentang produk sunscreen favorit saya, yaitu The Body Shop Skin Defence Multi-Protection Essence SPF 50 PA++++. Namun saat ini saya sedang menggunakan sunblock dari dokter kulit saya. Tapi kadang-kadang saya pakai yang The Body Shop.


Itu dia tahapan basic skincare yang wajib kamu lakukan. Kalau kata Kak Affi Assegaf, kunci dari keberhasilan kita mendapatkan kulit yang sehat itu sebenarnya adalah KETELATENAN atau RUTINITAS. Jadi, kamu gak boleh males dalam merawat kulit yaa! Di sini, saya gak membahas masker ataupun pakai scrub wajah karena itu nanti aja kalau 4 tahapan dasar perawatan wajah itu udah rutin kamu lakukan. Kalau lagi males, jadikan ritual "me time" yang menyenangkan setelah beraktifitas seharian, terutama saat malam hari.

Oh ya, bagaimana dengan pria? Sebenarnya perawatannya sama saja! Baik menggunakan produk cewek maupun produk cowok itu gak ada bedanya. Menurut Cyrille Telinge, kolagen pada wajah pria maupun wanita itu sama saja, hanya saja tekstur wajah pria itu berbeda dengan wanita, serta kalau cowok itu pastinya cukur jenggot dan kumis.

Jadi, baik cewek maupun cowok harus mulai rajin merawat wajah yaa, biar sehat dan tetep cakep hingga tua nanti! Hehehe

Semoga postingan ini bermanfaat bagi para pembaca. Saya tekankan, saya bukan dokter kulit (tapi in shaa Allah bisa menjadi dokter spesialis kulit suatu saat nanti) dan bukan skincare expert.


Wassalaamu'alaikum!

You May Also Like

5 komentar

  1. Wah lengkaaapppp

    Belakangan ini aku pake tonic sih.
    Kayak yang ijo di atas tapi aku beli yang varian bengkoang.
    Bisa pake dua kali pas lagi maskeran wkwkw

    Tapi yang daily dan bener dipake tiap hari sih cuma face wash. aku pake vaseline men gapernah ganti hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya yang lengkap itu ngikutin 10 step korea skincare routine bang, cuma kalau di aku gak cocok banget trus barang-barangnya kan agak mahal jadi males banget kalau mau beli..

      Delete
  2. Wah salut nih sama masnya, biarpun laki2 tapi telaten soal skincare routin. 👏

    ReplyDelete
  3. Wah salut nih sama masnya, biarpun laki2 tapi telaten soal skincare routin. 👏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah padahal kadang-kadang aja kalo merawat wajah

      Delete