SELAIN BIKIN BAPER, INILAH ALASAN FILM "DUA GARIS BIRU" WAJIB DITONTON REMAJA INDONESIA

by - September 12, 2019

Assalaamu'alaikum!

sumber : news.detik.com


Siapa yang tak tahu film drama "Dua Garis Biru" yang dibintangi Zara JKT 48 dan Angga Yunanda? Film Dua Garis Biru karya sutradara kenamaan Ginatri S. Noer laris manis ditonton hingga 2 juta pasang mata seluruh Indonesia. Film yang tayang mulai 11 Juli lalu bahkan menerima rating sebesar 8,2/10 berdasarkan data IMDb alias Internet Movie Database. Sutradara sekaligus penulis skenario Gina-sebutan akrabnya menyatakan bahwa ia sudah sejak lama menggarap naskah Dua Garis Biru, kurang lebih 9 tahun terhitung dari 2010. 

Diperankan beberapa artis papan atas, Film  Dua Garis Biru menceritakan tentang beratnya perjalanan hidup sepasang kekasih dimasa SMA yakni Dara (Zara JKT 48) dan Bima (Angga Yunanda). Dara diketahui hamil setelah melakukan tes kehamilan yang ditemani oleh sang kekasih. Akibat perbuatannya inilah, Dara terpaksa dikeluarkan dari sekolah, sedangkan Bima mau tidak mau harus bertanggung jawab dan menafkahi kehidupan Dara. 

Film yang menjadi debut pertama Gina sebagai sutradara ini sempat dikecam karena dinilai takut merusak moral anak bangsa. Tidak tanggung-tanggung, sebagian masyarakat pun turut andil dalam membuat petisi agar film tersebut tidak lulus sensor. Padahal bila ditelusuri lebih dalam, film Dua Garis Biru justru menampilkan realita yang sesungguhnya dari bahaya seks bila dilakukan pada usia dini. Mengingat kenyataan bahwa remaja Indonesia kini semakin canggih dan mudah dalam mengakses berbagai informasi dari internet yang mana terkadang justru menyesatkan pikiran. 

sumber : kincir.com

Menampilkan Pentingnya Pendidikan Seks Sejak Dini

Film Dua Garis Biru tampaknya memberikan magnet tersendiri bagi mereka yang sudah menonton film tersebut. Anggapan awal bahwa film Dua Garis Biru bisa memicu kerusakan moral remaja, seakan ditepis secara langsung lewat cara penyampaian pesannya yang sangat sederhana tapi menyentuh hati. Beberapa dialog justru menerangkan secara langsung bahaya melakukan hubungan seks di usia dini terutama bila tidak menggunakan pengaman seperti kondom.

sumber : liputan6.com

Sarat akan Makna


Meski beberapa adegan tidak dijelaskan secara terang-terangan, Film Dua Garis Biru memiliki "teka-teki" yang sarat akan makna bila diteliti lebih dalam. Salah satunya adegan Bima memesan jus stroberi dan sontak angle camera mengarah langsung pada buah stroberi yang sedang diblender itu. Makna buah stroberi yang diblender tersebut diibaratkan seperti jabang bayi yang dibunuh secara perlahan-lahan dengan menggunakan alat khusus aborsi. Tidak hanya itu saja, ada pula dialog antara dokter kandungan, Dara, Bima, beserta kedua belah pihak keluarga mereka. Sang dokter menerangkan bahwa kehamilan di usia Dara (usia SMA) itu sangat beresiko karena rahimnya yang dinilai belum siap. 

Beberapa pakar kesehatan pun menilai kehamilan di usia dini bukan hanya menyalahi norma yang berlaku saja, melainkan adanya dampak buruk bagi kesehatan seperti pendarahan, persentase bayi lahir prematur dan cacat bawaan jauh lebih besar, depresi post-partum, hingga yang paling parah terserang kanker serviks. Menjadi seorang ibu memang dambaan bagi seluruh wanita, tetapi bukan berarti harus menjadi ibu di usia muda yang belum matang sama sekali loh yaaa... 

Umumnya usia terbaik bagi wanita untuk hamil ialah kisaran 21 hingga 35 tahun. Nah, kalau kamu termasuk ibu muda yang sedang menunggu waktu kelahiran sang buah hati, coba lakukan saja 2 metode yang kerap kali digunakan untuk cek usia kehamilan yaitu metode kalender dan pemeriksaan USG. Untuk informasi lanjutnya bisa kamu baca melalui laman situs https://www.cekaja.com/info/intip-cara-cek-usia-kehamilan-di-sini/



You May Also Like

2 komentar

  1. Akting orangtuanya luar biasa oke buatku. Ga didramatisir. Scene yang di ruang UKS itu favoritku heheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Aku suka cara penyampaian pesan filmnya, seolah2 kita dibawa secara emosional. Tentang gimana perasaan orang tua, perasaan cewek yg hamil dan cowok yg menghamilinya..

      Delete