WHY AM I BLOGGING?

by - October 27, 2016

Assalaamu'alaikum!




photo credit : Google


Sudah hampir 2 minggu saya absen dari ngeblog (bahkan saya belum sempat membuat Weekly Diary minggu lalu) karena saya sedang belajar materi penyakit neurologi yang lumayan rumit, tak hanya mempelajari penyakit-penyakitnya namun juga belajar anatomi dari sistem saraf itu sendiri juga. Hal ini lumayan bikin saya stress hingga hopeless nggak tahu mesti belajar dengan cara gimana lagi. Sebenarnya, sembari belajar pelajaran neurologi, saya juga menyempatkan diri untuk menulis beberapa blogpost mengenai review produk yang sedang aku pakai akhir-akhir ini, tetapi belum selesai juga sampai sekarang. Semoga bisa selesai dalam waktu dekat ini yaa.

Saya baru sadar bahwa 27 Oktober diperingati sebagai HARI BLOGGER NASIONAL (bahkan saya baru tahu itu!!!), dan tahun ini adalah tahun ke-9 peringatan hari bagi para penulis blog di Indonesia. For your information, Hari Blogger Nasional ini dicetuskan pertama kali oleh Bapak Muhammad Nuh pada tahun 2007 saat beliau masih menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika. Di Twitter, #HariBloggerNasional menjadi trending topic hari ini, lho!

Pada postingan blog kali ini, saya ingin bercerita kenapa saya ngeblog selama 4 bulan ini. Newbie banget sih sebenarnya, namun sejak saya mengenal blog dari SMP, saya sempat memiliki beberapa blog yang akhirnya sudah OFF karena saya lupa e-mail dan password yang saya gunakan.

Saya mengenal blog itu ketika SMP kelas 9 pada saat pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebab blogging merupakan salah satu materi pelajaran TIK pada saat itu. Karena saat itu saya sangat "buta" mengenai blogging, awal mulanya saya kesusahan mempelajari blogging, mulai dari mempelajari textbook-nya dan mengikuti tutorialnya. Namun, trial and error! Terutama untuk masalah pembuatan akunnya, bahkan pernah banget waktu pelajaran ngeblog, teman saya mulai menulis blog, namun tanpa sadar ternyata alamat blog yang dipakai adalah punyaku karena ia juga belum bisa membuat link-nya. Akhirnya, saya bolak-balik membuat akun lagi, hehehe. Namun, saat ujian praktik ngeblog, saya bisa melakukannya dengan baik kok, hehehe.

Selepas itu, saya berniat untuk melanjutkan blogging saat itu. Yaaa, lumayan lah, menyalurkan dan mempublikasikan cerpen-cerpen saya di blog. Tetapi, hanya bertahan sebentar saja, saya hanya menulis beberapa postingan saja, lalu lupa deh akun dan kata sandi yang dipakai karena saya selalu logout ketika selesai ngeblog. Beberapa lama kemudian, pada saat saya duduk di bangku SMA, saya sempat memiliki hasrat untuk ngeblog lagi, Akhirnya saya membuat akun e-mail lagi supaya saya bisa membuat akun blog lagi. Lalu, saya mem-post beberapa postingan mengenai cerpen-cerpen saya dan beberapa tips yang saya copy paste dari beberapa sumber internet, lalu terbengkalai lagi karena saya sibuk banget pada saat itu dan lupa lagi deh akun yang saya gunakan untuk login lagi.

Proses 'bikin akun e-mail--bikin akun blog---posting blog--lama ditinggalin--lupa password--bikin akun lagi--dan seterusnya' berlanjut hingga kuliah. Bahkan saya pernah 'selingkuh' dari platform blogger ke wordpress karena saya ingin mencoba yang baru saja. Saya memiliki alamat wordpress saya yaitu duniakumenyenangkan.wordpress.com yang kini udah terbengkalai juga. HAHAHA. Apalagi isinya hanya satu postingan saja! 

Tak hanya akun wordpress itu saja yang saya pernah buat, ternyata setelah saya googling dengan kata kunci "DAMAR GUMILAR BLOG", ada beberapa alamat blog yang pernah saya buat juga, hehehe, diantaranya adalah:

duniakumenyenangkan.wordpress.com (saya tulis ulang aja, biar kelihatan banyak, hehe!)

http://duniaku-menyenangkan.blogspot.com/

http://damar-gumilar-100695.blogspot.com/

http://damar-gumilar.blogspot.com/ (rencananya alamat blog ini akan saya aktifkan lagi tapi untuk keperluan lain, sebelumnya saya sudah pernah mengisi postingan di alamat blog saya ini tapi semua postingannya saya hapus, hehe)

Sampai akhirnya ada "titik balik" di mana akhirnya saya memutuskan untun konsisten dalam dunia blogging. Ceritanya, waktu itu saya sedang 'berantem' dengan seseorang hingga membuat saya kesal dan sakit hati dibuatnya, lalu saya curhat ke sahabat saya, Mbak Rhosa, hingga saya sadar bahwa sahabat saya sudah bosan mendengar curhatan saya mengenai dia, hehehe. Saya ingat (mudah-mudahan benar) Mbak Rhosa mengajak saya agar blogging lagi. Awalnya saya ragu-ragu karena saya masih berniat untuk menulis cerpen di Microsoft Word dan menyimpannya ke dalam file dokumen di laptop saya. "Nanti dulu deh!", pikirku.

Suatu ketika, saya menonton sebuah webseries di YouTube, yaitu #ibuibuhot yang merupakan cerita keseharian social media darlings Indonesia sebagai content creator, sebagai ibu, sebagai wanita karir, dan sebagai wanita seutuhnya dengan segala cerita-cerita kehidupannya. Para social media darlings Indonesia itu beberapa diantaranya adalah Andra Alodita, Cinta Ruhama Amelz, Sasyachi, Kae Pratiwi, Ucita Pohan, Kania Anggiani, Mutiara, dan lainnya yang total berjumlah 16 wanita. Satu yang paling menarik perhatianku adalah Kak Andra Alodita, hehehe. Bahkan saya nge-fans banget sama Kak Andra! Kenapa? Karena, pertama, orangnya cantik banget, hehehe (padahal udah miliknya Kak Abenk dan memiliki putrinya yang lucu, Aura Suri); kedua setelah saya stalking alamat blog-nya, (www.alodita.com), saya suka banget dengan semua konten-konten blognya, sebab isinya positif semua dan setiap postingannya memiliki pelajaran yang bisa diambil, contohnya pada postingan mengenai pengalamannya proses bayi tabung dan perjalanan kehamilannya, Cerita Pagi, Cerita Sore, bahkan Weekly Journal, walaupun selain itu juga terdapat postingan ulasan mengenai produk-produk kecantikan dan juga produk untuk bayi.

Sejak saat itu, saya termotivasi dan terinspirasi untuk menulis konten blog yang inspiratif sehingga dapat bermanfaat bagi orang lain karena saya ingat mengenai sebuah sabda Rasullulllah Shallahu'alaihi Wasallam yaitu,

"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain"

Lalu, akhirnya, pada awal Juni 2016, saya memutuskan untuk menambah 'pekerjaan baru' menjadi blogger yang saya harap bisa konsisten ngeblog seperti sahabat saya, Mbak Rhosa. Saya pun juga berharap bahwa saya bisa menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain salah satunya dengan menulis blog.

Awal mula menulis blog (yang sekarang ini) sempat 'heboh' karena banyak komentar dari teman-temanku, namun mereka sangat mendukung saya. Saya tidak memperdulikan omongan-omongan yang (mungkin) 'menjatuhkan' mengenai blog saya karena saya suka sekali menulis sejak kecil. Kritik dan saran juga pasti ada dari teman-temanku sampai sekarang.

Bagi saya, menulis blog adalah salah satu me time favorit saya karena selain bisa melepas penat setelah beraktivitas sebagai dokter muda yang cukup menguras pikiran, juga melatih kemampuan menulis saya. Saya rasa, saya ingin 'meracuni' teman-teman terdekat saya untuk membuat blog, salah satunya adalah sahabat saya juga, Mbak Sarah.

Sekian cerita singkat saya mengenai awal mula saya menulis blog. Semoga bisa menginspirasi kalian semua untuk menjadi penulis blog.

Terima kasih!


Wassalaamu'alaikum!

You May Also Like

0 comments