MY IKM STORY #2 : KKP, PDAM KARANGPILANG, BPOM SURABAYA

by - Agustus 31, 2017

Assalaamu'alaikum!

Kali ini, saya akan melanjutkan ceita saya berkunjung ke instansi yang berhubungan dengan bidang kesehatan di Surabaya. Sejak hari Senin hingga Rabu kemarin, saya berkunjung ke 3 tempat, yaitu Kantor Kesehatan Pelabuhan Surabaya, PDAM Karang Pilang, dan BPOM Surabaya.

SENIN, 28 AGUSTUS 2017 : KANTOR KESEHATAN PELABUHAN SURABAYA

Hari Senin adalah yang lumayan melelahkan karena harus ke Tanjung Perak, ya karena lokasinya dekat dengat Tanjung Perak, Surabaya. Saya memutuskan untuk naik ojek online menuju ke sana dengan jarak tempuh sekitar 22 km. Acara dimulai pukul 8 pagi, agar tidak terlambat sampai sana dan karena jauh dari kos saya, maka saya berangkat sekitar jam 6.45 pagi.

dr. Mohammad Nur Hidayat, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan, Surabaya

Acara dimulai agak molor karena terlambat sih teman-temanku, jadi yaa molor 15 menit. Kuliah dimulai dengan sambutan dari Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan, yaitu dr. Mohammad Nur Hidayat. Selanjutnya diisi kuliah oleh Mbak Fika yang menjelaskan tentang Kantor Kesehatan Pelabuhan, mulai dari sejarah terbentuknya sampai struktur organisasinya. Lalu, diisi kuliah juga oleh ((haduh lupa siapa namanya, intinya alumni kampusku, hehehe)) yang menjelaskan mengenai tugas-tugas di Kantor Kesehatan Pelabuhan. Saya coba menjelaskan garis besar selama saya mendapatkan kuliah ini. Jadi intinya, Kantor Kesehatan Pelabuhan ini tugasnya mengawasi kesehatan dari para penumpang, khususnya penumpang pesawat terbang dan juga kapal. Kalau kalian tahu beberapa penyakit yang marak di luar negeri seperti Virus Zika ataupun MERS, nah petugas medis Kantor Kesehatan Pelabuhan ini yang mengawasi dan mencegah agar penyakit-penyakit yang berasal dari luar negeri itu tidak masuk agar tidak mengjangkit Indonesia.

Sebenarnya saya dan teman-teman juga diajak ke tempat pemberian vaksin meningitis yang biasa dilakukan para dokter kepada calon jamaah haji ataupun umroh yang nantinya akan mendapatkan ICV (International Certificate of Vaccination), hanya saja karena pasiennya sudah habis dan sudah siang, jadi tidak bisa melihat proses pemberian vaksin, sayang sekali sih.

SELASA, 29 AGUSTUS 2017 : PDAM KARANGPILANG, SURABAYA

Selanjutnya, saya menuju PDAM Karangpilang, Surabaya. Mungkin kalian kira saya akan ke PDAM Surya Sembada yang berlokasi di Gubeng. By the way, yang di Gubeng itu adalah kantornya, tapi PDAM Karangpilang ini adalah "pabrik" pengolahan airnya. Intinya saya dan teman-teman diajak untuk melihat proses pengolahan air di sungai menjadi air bersih yang siap dipakai untuk kehidupan kita sehari-hari. Materi mengenai proses pengolahan air ini disampaikan oleh Bapak Didik Hariyanto selaku Supervisor dari PDAM Surabaya. Selain memberi kuliah, kita juga diajak untuk jalan-jalan melihat proses pengolahan air dari awal hingga air siap digunakan. Berikut adalah beberapa galeri saat berada di PDAM Karangpilang.

Safety first!

Bapak Didik Hariyanto, supervisor PDAM Surabaya

Pak Didik emnjelaskan proses penjernihan air

area Tawas Cair

Pengendapan

Pada proses penyaringan

Tempat Gas Klorin

Laboratorium untuk memastikan kualitas air baik dan bebas bakteri

RABU, 30 AGUSTUS 2017 : BPOM SURABAYA

Kalau ke tempat ini, saya ceritakan secara singkat aja ya. Jadi, kuliah diadakan di aula BPOM Surabaya. Sebelum dimulai kuliah, sebelumnya ditayangkan video mengenai profil dari BPOM Surabaya karena pemateri masih ada kuliah. Selanjutnya, sekitar pukul 10 pagi, baru mulai deh kuliahnya. Intinya, kuliahnya berisi tentang BPOM itu apa sih, terus struktur organisasinya, hingga tugas-tugasnya. Kita juga diingatkan kembali dengan makanan, obat, kosmetika yang berbahaya itu seperti apa sih dan bahan-bahan yang berbahaya bila dikonsumsi itu seperti apa. Sayang sekali, karena keadaan di sana sangat sibuk karena banyak rapat, jadinya kami tidak bisa mengunjungi laboratoriumnya.

Itu aja deh cerita singkat saya mengenai perjalanan saya ke berbagai instansi kesehatan di Surabaya. Jangan lewatkan pengalaman saya di puskesmas ya!