"DAMAR GUMILAR", TENTANG SEBUAH NAMA

by - March 06, 2017

Assalaamu'alaikum!


"DAMAR GUMILAR"


Itulah nama yang Ayah dan Ibu saya berikan kepada Putra keduanya (dan paling bungsu) pada tanggal 10 Juni 1995 dan lahir di Kota Lumajang, Jawa Timur. Saya yakin dan percaya bahwa nama adalah doa orang tua kepada kita. Namun, dibalik nama itu, terselip beberapa cerita yang ingin saya bagikan.

saya ketika berumur 6 bulan (mungkiin)

Awal mulanya, saya agak jengkel dengan pemberian nama "Damar Gumilar" dari orang tua saya. Alasan utamanya sih, nama itu NGGAK ISLAMI banget. Berbeda dengan teman-temanku yang ada nama "Muhammad" atau "Ahmad", atau lainnya yang bernuansa Islami sehingga sejak kecil banyak yang mengira bahwa saya BUKAN MUSLIM, apalagi wajah saya ada unsur "chinese"-nya (katanya sih..) padahal alhamdulillah, saya Muslim. Saya berasal dari keluarga yang Insya Allah muslim yang taat (aamiin). Sejak kecil saya bersekolah di sekolah Islam, mulai dari TK Al-Ikhlash Lumajang, SD Al-Ikhlash Lumajang, SMPN 1 Lumajang, dan SMA 2 Lumajang. Meskipun SMP dan SMA saya negeri, tapi sekolah tersebut sangat bernuansa Islami sebab setiap pagi selalu ada acara doa, dzikir, atau mengaji bersama (kecuali yang non-muslim biasanya ada bimbingan sendiri oleh guru agamanya masing-masing). Sampai sekarang pun, masih banyak yang mengira bahwa saya non-muslim.

Saya ketika masih TK

Lalu, saya bertanya ke orang tua saya mengenai arti nama tersebut dan mencurahkan rasa jengkel saya bahwa nama itu gak Islami banget. Ayah saya bercerita tentang arti nama saya  (sekaligus saya cari artinya di google)

DAMAR, berasal dari bahasa Jawa yang berarti LAMPU, maka gak heran kalau dulu waktu kecil aku dipanggil lampu atau ublik (lampu minyak jaman dahulu).

GUMILAR, berasal dari bahasa Jawa juga yang berarti TERUS TERANG.

Jadi, DAMAR GUMILAR itu artinya LAMPU YANG TERUS MENERANGI. Doa orang tua saya maksudnya adalah semoga saya bisa menjadi penerang yang terus menerangi dan menjadi pelita bagi orang lain dan nusa, bangsa, dan agama, aamiin (hasssseeeeekkkkkk). Akhirnya, setelah saya mengetahui arti nama tersebut, saya menjadi bangga dengan nama tersebut dan berusaha menjadi orang yang seperti yang orang tua saya dambakan melalui arti nama saya.

Saya ketika setelah sidang skripsi tahun lalu

Kemudian, yang makin membuat saya bangga lagi dengan nama saya adalah ketika salah satu dosen saya meminta saya untuk memperkenalkan diri, beliau bilang bahwa bahasa arab dari nama saya adalah MISBAHUL MUNIR yang memiliki arti pelita yang menyinari, intinya DAMAR GUMILAR dan MISBAHUL MUNIR memiliki arti yang sama.

FYI, tahu gak sih kalian kalau waktu kecil aku sempat dipanggil ACIL! Yap, seorang laki-laki yang kini berumur 21 tahun dengan badan yang agak gendutan itu dipanggil dengan nama itu. Heran gak tuh? Hahaha. Hal itu disebabkan karena saya adalah anak bungsu dari dua bersaudara dan kakakku berusia 7 tahun lebih tua dari aku (kalau jaman dahulu jarak usia 7 tahun itu termasuk lama). Saya sadar sih, gara-gara panggilan itu, sifatku jadi cenderung kekanak-kanakan. Maafin aku yaa, saya pasti bisa menghilangkan sifat kekanak-kanakan saya.

Waktu itu foto ini buat buku tahunan sekolah SMP. Foto ini menunjukkan cita-cita saya sebagai DOKTER sekaligus PENULIS (minimal blogger dulu lah yaa)

Nah, untuk alamat blog saya gunakan nama saya sebagai domain menjadi www.damargumilar.com selain karena bangga dengan nama saya, menurut saya alamat itu menjadi sangat 'personal' dan 'orisinil' (semoga kalian mengerti maksudnya ya, hahaha). Semoga dengan alamat domain ini, blog saya bisa menjadi blog yang bermanfaat dan menginspirasi para pembaca blog ini.

Sekian ceritaku mengenai makna nama saya. Percayalah, nama kalian memiliki arti dan doa yang diharapkan orang tua kalian. Bagi kalian calon orang tua yang hendak memiliki anak, perhatikan dan hati-hati dalam memilih nama anak yaa, ingat selalu, nama adalah doa.




Wassalaamu'alaikum!

You May Also Like

16 komentar

  1. Sampai sekarang juga masih dipanggil acil kok 😆

    ReplyDelete
  2. Aku malah menjauhkan nama anak dari pengaruh agama. Agar tak menjadi beban bagi hidupnya kelak. Nama yang bagus mas.

    ReplyDelete
  3. Setiap masa ada kecenderungan memilihkan nama untuk anak. Zaman saya, nama Jawa (Sansakerta) yg dipilih. Itu sebabnya nama saya pun ada Jawa2nya. Lalu mengarah ke nama2 Islam. Itulah tidak mudah mengarang nama anak, krn mengandung doa dan jadi branding. Semoga selalu jd penerang dlm segala hal ya Mas Damar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, emang susah memilih nama anak yang baik. Aamiin, makasih Kak Hani

      Delete
  4. Nama-nama Jawa tuh bikin merinding ya artinya. Bagus, Kak Acil! :))

    Salam Kenal
    www.iamandyna.com

    ReplyDelete
  5. Baru tau artinya.. Tmnku orng semarang juga ada yg namanya damar.. Haha.. Mantap artinya

    ReplyDelete
  6. Aku dulu pernah pengen ngasi nama Damar ke anakku, tapi suami dan orang tua gak setuju. Suka aja sama nama Damar, kesannya sederhana dan bersahaja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, iyaa, kesannya sederhana sekali

      Delete
  7. Damar Gumilar nama yang keren kok 😊. Sebelumnya saya cuma tau arti "Samar", Semarang jadi paham "Gumilar" nya.

    Tatat

    ReplyDelete
  8. Menurut saya nama Damar Gumilar lebih bagus, lebih kereeen. Toh, religius seseorang tidak harus dilihat dari namanya. Tapi tindak tanduknya. Tak sedikit namanya religius tapi bertindak asusila...
    Saya setuju dengan Om Phad tuuuh

    ReplyDelete
  9. Wah salam kenal mas Damar, 21 Tahun udah lulus kuliah *langsung liat diri sendiri :D*
    masih berpikiran *Gumilar* seperti dari orang sunda :D

    ReplyDelete