MY 'KONDANGAN' TRIP ITINERARY

by - November 14, 2017

Assalaamu'alaikum!

Setelah saya lelah dengan ujian akhir stase Radiologi, alhamdulillah akhirnya saya liburan juga selama 3 minggu. Saya mengawali liburan 3 minggu itu dengan menghadiri kondangan sepupu saya yang berada di Tegal dan Cirebon. Keluarga saya merencanakan liburan ini sejak lama karena keluarga dari sepupu saya hadir di pernikahan Kakak saya. Kali ini saya akan ceritakan perjalanan 'kondangan' ke Tegal dan Cirebon.

HARI 1 : JUMAT, 3 NOVEMBER 2017

06.15 - Saya beserta orang tua saya berangkat dari kos saya (orang tua dari Lumajang mampir dulu di kos saya di Surabaya) ke Stasiun Pasar Turi, sesampainya di sana, kami cetak tiket terlebih dahulu, lalu langsung sarapan di Solaria yang lokasinya di area Stasiun Pasar Turi. Kami juga bersantai sejenak karena keretanya berangkat jam 8 pagi.

08.00 - Akhirnya kami berangkat ke Semarang terlebih dahulu mengunjungi kakak saya naik kereta Argo Bromo.

11.20 - Kami sampai di Stasiun Semarang Tawang. Karena jam sudah mepet dengan salat Jumat, jadi saya dan Bapak salat Jumat dulu di masjid dekat stasiun, sedangkan Ibu menunggu di warung makan dekat masjid. Setelah selesai salat Jumat, kami langsung berangkat ke rumah Kakak di daerah Simongan.

13.00 - Sampai juga di rumah kakak saya untuk beristirahat sejenak sambil menunggu perjalanan berikutnya. Tak lupa untuk main bersama Dek Ima.

16.00 - Lalu, kami melanjutkan perjalanan ke Semarang menuju rumah nenek saya naik kereta jadi ke Stasiun Semarang Poncol dulu. Sampai di sana tak lupa untuk mencetak tiket.

17.12 - Berangkat ke Pekalongan naik kereta Kamandaka

19.00 - Sampai di rumah nenek saya lalu menikmati malam Sabtu deh, hehehe. Alhamdulillah banget rasanya karena langsung disambut dengan Soto Pekalongan yang kaya dengan tauco (saya penggila masakan yang ada tauconya, hehehe, karena bikin masakan jadi lebih gurih)

HARI 2 : SABTU, 4 NOVEMBER 2017

08.00 - Kami berangkat dari rumah nenek menuju nikahan sepupuku yang berada di TEGAL, Jawa Tengah. Kami berangkat ke sana bersama dengan Nenekku juga Tante dan Om-ku. Sebenarnya ini adalah pertama kalinya ke Kota Tegal, tapi sayangnya bukan untuk berwisata, melainkan untuk menghadiri resepsi pernikahan saudara sepupu, ehehehe, sedih banget sih.

11.00 - Acara resepsi pernikahan dimulai. Resepsi pernikahan sepupu saya menggunakan adat Jawa. Sebenarnya kami sampai di sana sekitar pukul 10.00, tapi kami bertemu dengan semua saudara sepupu, tante dan om yang lama tidak bertemu dan kebanyakan bertempat tinggal tinggal di daerah Jawa Tengah seperti Semarang, juga tinggal di Jakarta. Setelah mengucapkan selamat kepada kedua mempelai serta berfoto bersama, tak lupa kami menikmati hidangan yang tersedia. Hampir semua hidangan saya cicipi semua, mulai dari nasi goreng, soto kambing, sate ayam, zuppa soup, hingga es krimnya.

12.30 - Akhirnya kami pulang dengan perut kenyang dan bahagia karena bisa puas bertemu dengan semua saudara yang hadir. Kami tidak ingin pulang terlalu sore karena kasihan sama Nenek kalau beliau terlalu capek.

18.30 - Kami memutuskan untuk makan malam bersama di salah satu warung makan favorit keluarga besar di Pekalongan, yaitu Nasi Uwet H. Zarkasi. Warung makan ini terkenal banget sejak tahun 1960-an dan ternyata sudah menjadi langganan keluarga kami. Menu makanan di sini yang paling khas adalah Nasi Uwet dan Nasi Megono, tapi juga ada menu seperti Rawon dan Sate Ayam.

HARI 3 : MINGGU, 5 NOVEMBER 2017

07.00 - Kami pamitan ke Nenek, Tante, dan juga Om-ku karena kami harus ke Cirebon, Jawa Barat, untuk menghadiri nikahan putri dari teman Ibuku. Kami ke Stasiun Pekalongan dulu, lalu mencetak tiket.

08.00 - sekitar jam segitu (lupa sih persisnya berangkat jam berapa), kami pergi ke Cirebon naik kereta api eksekutif pokoknya (lupa nama keretanyaaaa).

09.30 - kami akhirnya sampai juga di Cirebon, Jawa Barat. Jujur aja ini pertama kalinya saya ke Cirebon, tapi yaaa lagi-lagi, bukan untuk liburan. Kami dijemput oleh keponakan dari teman Ibuku dan langsung menuju lokasi resepsi yaitu di rumah teman Ibuku. Mungkin ini adalah hari yang menyenangkan buat Ibuku karena berasa reuni dengan teman kuliahnya dulu, banyak sekali teman-teman masa kuliahnya Ibuku yang datang. Akhirnya, saya mendadak jadi 'fotografer' Ibu dan teman-temannya.

Selama di sana, kami juga mencicipi makanan yang disediakan di sana. Tak seperti kalau resepsi di gedung, di sana suasana resepsinya sangat sederhana. Makanan yang disediakan seperti nasi beserta lauk pauk dan sayurnya (saya gak jadi makan nasi dan kawan-kawannya karena tak tahu lokasinya, dan ternyata lokasinya itu di dalam rumah dan ramai banget), tahu gejrot, siomay bandung, dan sate ayam buah potong, es krim, dan air mineral.

11.30 - Kami akhirnya harus pulang. Keponakan dari teman ibuku itu tetap yang mengantarkan kami ke stasiun Cirebon. Sekitar pukul 12.00, kami pulang naik kereta api eksekutif (lupa juga nama keretanyaa). Pukul 14.00, ibu pulang duluan untuk ke Pekalongan karena Ibu ingin mengunjungi nenek, sedangkan saya dan Bapak lanjut pergi ke Surabaya.

18.30 - Akhirnya saya dan Bapak sampai di Surabaya. Nah, saya dan Bapak 'berpisah' di stasiun karena Bapak harus kembali pulang ke Lumajang sedangkan saya harus stay di Surabaya karena keesokan harinya saya harus mengurus urusan administrasi kampus yang harus diselesaikan segera.

Ini dia singkat cerita perjalanan liburan saya kali ini walaupun tujuannya untuk menghadiri pesta pernikahan sih. Semoga saya bisa kembali ke Tegal dan Cirebon benar-benar untuk berlibur dan berwisata ke tempat-tempat menarik. Kalau ada rekomendasi tempat wisata di Tegal dan Cirebon, silahkan komen di kolom komentar ini yaaa, siapa tahu saya ingin mengajak kalian liburan bareng ((ngajak liburan bareng)). See you on my next post!