MENGUPAS TIPS MENULIS DARI KAK ASMA NADIA

by - May 16, 2017

Assalaamu'alaikum!

Siapa yang tak kenal dengan penulis buku yang sudah difilmkan seperti Surga Yang Tak Dirindukan dan juga Assalaamu'alaikum, Beijing!? Ya, Kak Asma Nadia! Kak Asma Nadia merupakan salah satu penulis muslimah terkenal di Indonesia. Banyak sekali karya-karyanya yang memuat unsur Islami-nya. Tak jarang hasil karyanya diangkat menjadi film layar lebar bahkan sinetron, tak hanya yang sudah saya sebutkan tadi juga ada Emak Ingin Naik Haji, Catatan Hati Seorang Istri, bahkan Kak Asma Nadia pernah membuat novel bergenre thriller yang sempat difilmkan yaitu Pesantren Impian.

Saya ngefans banget sama Kak Asma Nadia sejak saya duduk di bangku kelas 6 SD, sejak ketika di SD saya dan teman-teman hobi banget membaca novel remaja Islami karangan penulis-penulis yang ternyata tergabung dalam anggota Forum Lingkar Pena. Apalagi cerita Aisyah Putri yang bisa dibilang sangat lucu dan ceritanya sangat berhubungan dengan cerita anak muda, dan alhamdulillah saya sudah khatam membaca semua serinya loh, hehehe. Tapi sayang kalau mau pinjam bukunya udah hilang gak tau ada di mana, huhuhu.

Sekitar awal Maret kemarin, saya menonton acara talkshow pagi favorit saya, Indonesia Morning Show di stasiun NET, saat segmen talkshow, pembawa acara IMS, Zivanna Letisha dan Vannico, mewawancarai Kak Asma Nadia yang ternyata merilis novel dengan latar belakang cerita entrepreneur muslimah berjudul "Cinta 2 Kodi". Video-nya bisa dilihat berikut ini:

sumber : Indonesia Morning Show NET youtube channel

Dalam wawancara itu, ada hal yang menarik untuk dibahas pada blog post ini yaitu mengenai tips untuk menjadi noveli handal. Saya ingin mengupas tips-tips dari Kak Asma Nadia ini satu persatu karena menurut saya pribadi tips ini tidak hanya ditujukan untuk para penulis novel, tapi bisa juga bagi kita sebagai blogger, ataupun kalian yang vlogger maupun content creator, bahkan tips ini sangat berguna sekali untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, simak tips-tips ini!

1. "HARUS BANYAK MEMBACA"

"Membaca itu kuliahnya seorang penulis" - Asma Nadia

Sebagai seorang penulis, blogger, or even vlogger sekalipun harus banyak membaca buku untuk mendapat pengetahuan dan inspirasi yang sekiranya bisa banget dijadikan inspirasi bahkan bisa dibagikan ke orang lain. Kalau kalian malas membaca buku, paling tidak update berita-berita atau membaca referensi di internet itu sudah oke banget kok, seperti yang dilakukan teman saya, Naufal Noping, ketika membuat videonya berjudul "Kita Diawasi Pemerintah?" berikut ini





Tuturnya, awalnya dia mengamati kejadian apa yang sedang janggal saat ini, lalu ia mencari tahu dan mengeksplorasi serta observasi dan mencari dan membaca sumber-sumber referensinya sehingga dia bisa membuat video seperti itu (intinya wawancara gua kayak gitu lah yaa, hahaha)

Intinya adalah sebagai penulis ataupun content creator harus banyak membaca apa pun, entah itu membaca buku ataupun membaca berita yang "what's happening right now" entah itu dari media cetak ataupun media online agar wawasan kita lebih luas dan bisa mendapat inspirasi.

"Membaca itu lezat. Mengapa? Karena dapat mengenyangkan pikiran." - Rhoshandhayani KT

2. "HARUS MENULIS SETIAP HARI"

"Seperti juga pilot, penulis itu perlu jam terbang." - Asma Nadia


Menurut pendapat pribadi, kita perlu memiliki waktu untuk mengasah kemampuan menulis kita. Kak Asma Nadia juga menambahkan, "Kalau baru menyelesaikan 2,5 cerpen kemudian merasa menulis masih susah karena baru selesai 2,5 cerpen. Jadi, harus menulis setiap hari." Begitu juga dengan blogging, usahakan sekali menulis konten di blog harus tuntas. Memang blogging gak harus setiap hari, tapi kita bisa mengasah kemampuan menulis kita dengan menulis buku harian ataupun jurnal, dan sebagainya. 

Kalau saya pribadi, dulu ketika masih duduk di bangku SMP saya rajin banget menulis cerpen tiap hari sepulang sekolah meskipun cuma beberapa halaman dan sekarang semua cerpen-cerpennya udah hilang entah kebawa virus apa, hahaha. Tapi kalau sekarang ini, saya hanya menulis di sebuah jurnal harian sebagai "terapi jiwa" saya saat sedang senang maupun sedang kalut.


3. "PUNYA KOMUNITAS"


Menurut saya, bergabung dalam komunitas itu penting. Selain untuk iklim kompetisi, dalam komunitas kalian bisa belajar dan mendapat inspirasi baru dari para penulis sesama anggota komunitas. Saya tidak ikut dalam komunitas menulis, tapi yang saya tahu komunitas menulis yang sangat terkenal adalah Forum Lingkar Pena yang saya ingin banget tergabung dalam komunitas itu.

Bagi para blogger maupun vlogger, saat ini banyak banget komunitas-komunitas blogging ataupun vlogging yang bisa diikuti. Komunitas blogging yang saya ikuti adalah #1minggu1cerita ini. Manfaat yang saya rasakan setelah mengikuti komunitas tersebut adalah saya bisa menambah teman sesama blogger, "menantang" saya pribadi untuk menulis dengan teman yang "bukan saya banget", dan bisa belajar dari teman sesama blogger anggota komunitas.

4. "RENDAH HATI"

"Proses kreatif itu hanya bisa bergulir kalau seseorang itu rendah hati dan mau belajar, mau mendengar sehingga proses kreatifnya terus berjalan, dia bisa melahirkan karya-karya yang baru dan tidak berulang." - Asma Nadia

Intinya adalah kalau kita mau buka mata, telinga, mau belajar, bisa peka terhadap lingkungan di sekitarnya, serta tidak cepat puas kita bisa kok menjadi penulis handal.

Sekian kupasan singkat mengenai tips-tips menulis dari Kak Asma Nadia yang bisa dibahas kali ini. Semoga tips-tips ini sangat bermanfaat buat para calon penulis maupun para penulis, blogger, vlogger, content creator yang ingin konsisten untuk menciptakan karya-karya. Ada satu pesan dari Pramoedya Ananta Toer yang bisa kamu renungkan bagi para penulis maupun content creator.




Wassalaamu'alaikum!

You May Also Like

4 komentar

  1. yesss.. thanks infonyaaa.. smoga bisa lebiih rajin nulisniihhh #nunjukdirisendiri..haha

    ReplyDelete
  2. eh, keliatan banget tuh youtuber yang sering ditonton nofal, yaitu aulion. hampir sama persis laaah

    makasih yaaaa udah nulis quote dari akuuuh
    ternyata tulisan seremeh itu bisa dijadiin quote ye, hehe

    makin lama tulisanmu makin renyah cil, makin enak dibaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. -> Ya emang dia inspired from aulion, gimana dong? Wuakakak

      -> Duh mbak Cha, aq nulisnya blm bisa sebagus mbak ocha dan blogger2 sesama 1minggu1cerita, blm bisa se renyah mereka hahaha

      Delete
  3. Saya baru tahu Asma nadia beberapa hari yang lalu... 😂

    ReplyDelete