ASERTIF

by - January 24, 2017

Assalaamu'alaikum!



Bulan lau, saya menyempatkan diri untuk kontrol ke psikiatri saya setelah sekitar dua bulan jadi jadwalnya kontrol. Bagi kalian yang belum tahu kenapa sih saya berobat ke psikiatri bisa baca ceritaku di sini.

Di sana, saya ceritakan 'yang telah terjadi' ke psikiatri saya bahwa saya sudah lebih tenang, lebih 'calm down' seperti itu. Saya juga ceritakan bahwa selama ini saya adalah korban bullying sejak SMP oleh teman-teman saya yang menyebabkan saya mengalami depresi yang parah seperti ini, tapi sekarang udah jauh lebih mendingan lah istilahnya (gua udah ngomong ya tadi? wkwkwkwk)

Setelah itu, saya diberi pelajaran oleh psikiatri saya mengenai kepribadian, seperti yang tertera pada foto di atas. Jadi, seringkali kita tahu bahwa orang itu ada yang PASIF dan AGRESIF. Nah, ciri-cirnya gimana sih?

PASIF
  • Suka memendam perasaan
  • Lebih suka DIAM untuk sesuatu yang seharusnya dikatakan
  • Lebih baik menyenangkan orang lain
  • Menghindari konflik/cenderung menghindari masalah yang seharusnya dihadapi
  • "Sungkanan"
  • "HIDDEN MESSAGE" maksudnya adalah menyampaikan makna secara tersirat (seingetku gitu sih kata dokternya, hihihi, maaf ya lupa)
AGRESIF
  • Berbicara dengan nada tinggi
  • Kasar
  • Keras
  • Selalu menyalahkan orang lain
  • Suka menyerang orang lain
Namun, ada pula yang bersifat PASIF-AGRESIF
  • Manipulatif (maksudnya suka berbohong, membolak-balikkan fakta, dan sebagainya)
  • "Backbitting" (maksudnya suka 'menusuk' dari belakang)
  • Suka meng-adu domba
Nah, udah tau kan sedikit perbedaan dari PASIF, AGRESIF, dan PASIF-AGRESIF? Kalau udah tahu, berarti kalian harus ingat bahwa kita TIDAK BOLEH menjadi pribadi yang kusebutkan tadi.

Lalu, yang benar bagaimana?

Nah, yang benar adalah Jadilah pribadi ASERTIF!

Apa sih pribadi yang ASERTIF itu? Pribadi ASERTIF adalah kemampuan seseorang menyatakan diri, pandangan-pandangan dalam dirinya, keinginan, dan perasaannya secara langsung, spontan, bebas, dan jujur tanpa merugikan diri sendiri dan melanggar hak-hak orang lain. Maksudnya apa sih? Intinya, kita bisa mengemukakan pendapat dengan cara yang baik dan sopan tanpa merugikan diri sendiri maupun menyakiti orang lain.

Nah, ciri-ciri pribadi ASERTIF itu seperti apa sih?
  • Jujur
  • Terus terang
  • Fokus pada masalahnya (tidak lari dari masalah)
  • Ngomong secara langsung
  • Diungkapkan dengan bijaksana dan sopan
Kurang lebih seperti itu menurut psikiatriku. Sekarang, gimana sih cara mengemukakan pendapat yang asertif itu?

Sadar gak sih, kalau selama ini kita biasanya memberi saran ke teman kita dengan kalimat, "Kamu tuh (bla bla bla bla bla) karena (bla bla bla bla bla bla bla)" kalau cara ngomongnya seperti itu justru orang lain akan merasa "tertekan" dan "terpojokkan". Seharusnya, kalimat yang benar adalah "Saya merasa (bla bla bla bla bla) karena (bla bla bla bla bla bla bla)" kalau cara ngomongnya seperti itu akan enak didengar dan orang lain tak akan merasa tersakiti dan menjadi masukan yang baik buat mereka. Seperti itu deh intinya.

Sekian cerita dan sedikit penjelasan mengenai ASERTIF itu, semoga bermanfaat buat kalian semua.


Wassalaamu'alaikum!

You May Also Like

0 komentar