Tips Berpuasa Sehat di bulan Ramadhan Buat Anak Kost ala Damar Gumilar!!

by - June 03, 2016

Assalaamu'alaikum, sobat readers!


Welcome back to my blog! Gak kerasa yaa bulan Ramadhan tinggal menghitung hari nih! Pasti kalian udah mulai bersiap-siap untuk menghadapi sebulan bersama indahnya bulan suci penuh berkat dan rahmat ini (ceilaah!). Terutama buat anak kost nih. Pasti kalian anak kost di bulan Ramadhan ada aja kesulitannya, mulai susah cari makan buat sahur, berbuka, sampe homesick gara-gara gak bisa merasakan malam pertama salat tarawih, sahur pertama, buka puasa pertama di kampung halaman, susah ketemuan buat buber bareng sahabat. But, don't worry. Berdasarkan pengalamanku, aku pengen share nih tentang tips ber-Ramadhan ria buat anak kost. Kalo kalian ada pengalaman berpuasa di tempat perantauan, bisa share loh disini dengan leave comment aja!

1. SAHURLAH DENGAN TEPAT!!!


                              
pict. from google

Salah satu hal utama dalam berpuasa adalah sahur (ya iyalah!). Nah, sahur yang tepat itu HARUS BERGIZI SEIMBANG, lengkap mulai ada nasi, lauk pauknya, serta sayur dan buahnya. Tapi, yang menjadi masalah, anak kost itu suka sembarangan kalo membeli makanan karena YANG PENTING MURAH, ya kann?? So, supaya gak sembarangan dalam membeli makanan sahur, ada tipsnya juga dari aku:

  • Survei tempat makan yang murah, sehat, dan bersih. Kalo bisa yang menu makanannya lengkap, biar kalian gak bosen kalau makan sahur biar gak itu-itu aja.
  • Kebanyakan, tempat makan yang sehat dan bersih itu agak mahal harganya, kalo menurutku sih, gak apa-apa loh, sekali-sekali makan di tempat yang sedikit pricey tapi yang kualitas dan kebersihan makanannya tak diragukan lagi.
  • Nah, kalo udah nemu tempat makan, kalian beli makan pas jam-jam mau sahur, sekitar jam 1-2an, agar makanan yang disajikan fresh, masih panas, kan enak tuh.
  • Beberapa tempat kos pasti menyediakan tempat untuk memasak. Buat kamu yang suka banget masak, pas banget nih buat masak makanan buat sahur sendiri,. Selain sehat, kamu juga bisa buat menu yang berbeda untuk sahurmu.
  • Catering! Ini juga pas banget buat kamu yang mager-an keluar kosan cuma buat beli sahur dan males masak (or mungkin gak bisa masak). Tapi pastikan juga cateringnya juga menyediakan menu sahur yang sehat dan bersih.
2. BERBUKALAH DENGAN YANG TEPAT JUGA DONG, BRO!!!


                                 
pict. from google

Ini juga gak kalah penting, yaitu BERBUKA PUASA. Istilah berbukalah dengan yang manis itu tepat banget loh karena selama berpuasa, tubuh menggunakan glukosa sebagai sumber energi, nah otomatis, kadar glukosa dalam darah di tubuh kita juga menurun. Tapi, jangan berlebihan juga yaa. Takjil kurma 3 biji dan teh manis hangat udah cukup kok untuk menambah kadar glukosa darahmu.

3. JANGAN LUPA BUAH, SAYUR, DAN AIR MATANG!!!


pict. from google

Supaya badan tetap bugar, jangan lupa untuk mencukupi konsumsi buah, sayur, dan air putih. Siapkan stok buah-buahan di kos kamu ya, dikonsumsi setiap sahur dan setelah salat tarawih buat nyemil sehat bok! Hati-hati, jangan sampe kelupaan hingga buahnya bosok, kan sayang, mubazir.....

Terutama yang ditekankan di sini adalah minum AIR MATANG (kalo air putih dikira air putih kayak tembok lagi!). Ingatlah untuk selalu minum air minimal 2 liter per hari dengan dibagi porsinya antara sahur, berbuka, dan malam hari setelah tarawih.

Oh ya, kalo gak sempet makan buah dan sayur, alternatifnya bisa mengonsumsi multivitamin aja biar tetap sehat, kalo aku sih gitu, hahaha.

4. SEMPETIN TUH OLAHRAGA!!!

pict. from google

Olahraga di bulan puasa juga penting banget agar tetap sehat. Gak usah olahraga yang berat-berat, cukup jogging atau bersepeda unyuu keliling kota bisa jadi pilihan utama, sekaligus bikin pikiran dan mood jadi seger.

Okee, sekian aja tips dari aku mengenai tips berpuasa sehat di bulan Ramadhan. Selammat menunaikan ibadah puasa Ramadhan yaa. Semoga bulan Ramadhan tahun ini bisa membawa kita menjadi pribadi yang jauh lebih baik dibandingkan sebelum-sebelumnya.

Wassalaamu'alaikum..

pict. from: http://jadwalimsakiyahpuasa2016.blogspot.co.id/2016/04/jadwal-puasa-ramadhan-2016.html

You May Also Like

0 komentar