REVIEW : SUNNY GLOW SUNSCREEN IN TEA TREE

by - July 18, 2018

Assalaamu'alaikum!


Tabir surya atau sunscreen merupakan produk perawatan kulit yang wajib digunakan setiap hari karena kita selalu terpapar sinar matahari baik di dalam maupun di luar ruangan berhadapan langsung dengannya. Seperti yang kalian tahu bahwa terkena sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan masalah kulit seperti kulit terbakar, kulit menggelap, timbul flek hitam, sampai jangka panjangnya bisa bikin kanker kulit. Hiii gak mau kan? Untuk mencegah berbagai kemungkinan tersebut, kita perlu menggunakan tabir surya setiap hari.

Saya paham banyak orang yang tidak suka menggunakan tabir surya karena teksturnya yang bikin lengket dan timbul white cast yang sangat mengganggu. Apalagi bagi pemilik kulit mudah berjerawat dan sensitif, salah pakai produk tabir surya bisa bikin beruntusan. Akhir-akhir ini saya sering 'diteror' oleh beberapa pertanyaan atau minta rekomendasi tabir surya terutama yang memiliki tipe kulit seperti saya yaitu berminyak dan mudah berjerawat.

Sejauh ini saya cocok-cocok aja dengan berbagai merk tabir surya yang muncul di pasaran. Tapi, sekitar 3 bulan belakangan ini saya lagi pakai salah satu tabir merk lokal asli Indonesia yang disambut baik oleh pecinta skincare, yaitu SUNNY GLOW. 

ABOUT THE BRAND

Sumber foto : FemaleDaily.com

Menurut berbagai sumber di media online, Sunny Glow merupakan salah satu merk lokal Indonesia baru asal Yogyakarta dengan produk keluaran perdananya yaitu sunscreen. Produknya berbahan dasar alami dan organik, bahkan mendapatkan sertifikat Ecocert yang merupakan organisasi sertifikasi bahan organik dari Perancis. Wow, keren! Menurut founder dari Sunny Glow, merek ini punya misi unik dalam merilis produk tabir surya. Harapannya agar meningkatkan kepercayaan diri supaya tidak takut untuk beraktivitas dibawah sinar matahari langsung (intinya seperti itu).

Sunny Glow Sunscreen ini memiliki 2 varian, yaitu Coconut untuk kulit normal cenderung kering dan Tea Tree untuk kulit berminyak. Dua-duanya memiliki SPF 50 dan UV A/UV B Broad Spectrum, merupakan tabir surya organik, . Saya tertarik untuk membeli varian Tea Tree gara-gara #FDMadeMeBuyIt oleh kak Annetta Darandri di video skincare routine-nya beberapa bulan lalu di kanal Youtube Female Daily Network. Menurutnya dia cocok sekali dengan tabir surya itu karena dia bisa gunakan selama 14 hari berturut-turut sampai akhirnya beruntusan. Pemikiran saya, kalau di kulit kak Netta yang jerawatan-sensitif cocok dengan produk ini, saya yakin pasti cocok dengan produk itu. Kebetulan saya sering 'diteror' untuk mengulas tabir surya ini. So, here you go!

PACKAGING

Tabir surya ini dikemas dalam kemasan botol ukuran 100 ml. Tutup botolnya saya tidak tahu namanya tapi bisa dilihat pada foto berikut ini.


Sebenarnya saya agak love-hate relationship dengan kemasan seperti ini. Saya suka dengan model tutup botol seperti itu karena terjamin keamanannya jadi tidak gampang bocor dan tumpah serta warnanya kombinasi putih-rose gold, namun saya tidak suka karena tekstur produknya yang creamy jadi agak susah untuk mengeluarkan produknya, bahkan untuk memencet botolnya harus perlu sedikit usaha supaya produknya bisa keluar.


Belum lagi dengan tempelan stiker yang bertuliskan merek dan informasi mengenai produk tersebut. Seolah-olah dicetak dengan printer biasa sehingga stiker beserta tulisan-tulisannya sudah luntur dan ada yang sobek.

Apabila tim Sunny Glow membaca tulisan saya ini, langkah baiknya bila memperbaharui kemasan produk dengan yang lebih baik. Kalau saya sih, lebih baik kemasannya menggunakan tube serta kualitas cetakan tulisan lebih 'waterproof' gitu.

KLAIM

"Sunny Glow SPF 50+ using sea-salt protects skin from UV A/UV B. Capturing fragrance from tea tree and infused with soothing gel, this non greasy organic sunscreen provides hydration and refreshing feel to the skin. Suitable for indoor and outdoor activitation"

"Apply Sunny Glow SPF 50+ to all bare skin before long exposed to sunlight. Make sure that your skin is clean and dry. Re-apply every 2-3 hours."

KOMPOSISI

Menurutnya, tabir surya ini menggunakan bahan alami dan organik. Pada daftar komposisinya tercatat berbagai kandungan seperti minyak tea tree, sea salt, tocopherol atau vitamin E, aploia theformis leaf extract (saya tidak tahu itu nama latin tanaman apa, kasi tahu dong!), concentrated plants extract, olive oil, jojoba oil, aloe vera extract, zinc oxide, glycerin.

Menurutku tabir surya ini termasuk physical sunscreen karena terdapat kandungan zinc oxide. Sedangkan terdapat kandungan yang melembapkan kulit seperti minyak zaitun, gliserin, dan lidah buaya.

ULASAN

Sumber foto : FemaleDaily.com

Tekstur produk ini creamy banget dan warnanya putih. Meskipun teksturnya krim namun mudah menyerap ke kulitku. Wanginya lumayan kenceng, wangi tea tree. Mudah diratakan saat diaplikasikan ke wajahku. Enaknya adalah tidak meninggalkan kesan lengket dan tidak white cast. Menurutku, produk ini dapat melembapkan tapi bukan yang sangat melembapkan, biasa aja sih lembapnya. Untuk efek menyegarkan, iya di kulitku tapi gak berlebihan kayak pakai skincare yang mengandung menthol atau mint. Menurutku juga, produk ini agak memberi efek mattifying sih, tapi tetap lembap.

Tidak lengket dan tidak meninggalkan white cast

Di kulit saya, Alhamdulillah tidak menyebabkan beruntusan maupun jerawatan. Kalau di kulit kak Annetta bikin beruntusan setelah 14 hari penggunaan rutin (menurutnya, di kulit berjerawat memang susah memilih tabir surya karena pasti bikin beruntusan, intinya seperti ituu ketika saya menonton salah satu video FD lupa yang manaa), kalau di kulit saya sudah hampir menghabiskan satu botol ini sekitar 3 bulan tidak bikin beruntusan dan jerawatan sama sekali. Alhamdulillah banget menemukan sunscreen yang benar-benar cocok di kulit saya. 

WHY I LIKE THIS?
  • Teksturnya mudah meresap ke kulit
  • Tidak meninggalkan white cast
  • Tidak lengket di kulit
  • Tidak bikin beruntusan dan timbul jerawatan di kulitku.

WHY I DON'T LIKE THIS?
  • Kemasan tidak travel friendly. Saranku minimal bikin versi travel size.
  • Kemasannya agak ribet karena tutup botolnya serta agak perlu usaha untuk memencet botolnya mengingat teksturnya krim yang tebel

Kesimpulannya, saya suka banget dengan tabir surya ini terutama karena tidak menyebabkan beruntusan maupun timbul jerawat baru. Ukuran produk ini 100ml dan bisa kamu dapatkan dengan harga Rp185.000,- . Kamu bisa membeli produk ini di akun Shopee-nya "sunnyglow.id" atau cek instagram resminya di @sunnyglow.idBanyak banget yang menanyakan ke saya tentang tabir surya yang cocok untuk kulit berjerawat, saya bisa merekomendasikan ini sebagai tabir surya pilihan kalian yang kulitnya berjerawat. Kira-kira, ada sunscreen lain gak yang cocok untuk kulit berjerawat? Sharing di kolom komentar yuk!



Wassalaamu'alaikum!


You May Also Like

2 komentar

  1. wah baru tau ada produk sunny glow, ya mungkin kemasannya perlu di perbaharui agar terlihat lebih menarik ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, kemasannya harusnya dibuat lebih baik dan menarik. Sekedar info aja nih, kalau produknya sudah out of stock gak bakal restock lagi, huhu

      Delete