3 THINGS #7 : RESTORAN FAVORITKU DI LUMAJANG

by - October 06, 2017

Assalaamu'alaikum!

Kota daerah asalku, Lumajang, juga memiliki makanan khas yang ikonik, bahkan mungkin ada juga yang belum banyak kalian tahu. Contohnya seperti pisang agung, kripik pisang, susu asli peternakan sapi di Senduro, kue Latok, kue Lupis, pecel telo, bledus, dan lontong petis. Semuanya enak banget loh! Bagi kalian yang mampir ke kota Lumajang, yuk cobain makanan khas yang saya sebut tadi! Hehehe.

Nah, postingan kali ini, kalau mengupas satu persatu makanan khas Lumajang sepertinya sudah banyak food blogger yang mengulas. Jadi, saya ingin membahas rekomendasi warung makan/restoran favoritku di kota Lumajang ini. Restoran-restoran ini memang menjadi tempat makan favorit saya dan keluarga sejak dulu dan selalu mampir ke sana saat akhir pekan. Silahkan dicek ya rekomendasi tempat makan favoritku di Lumajang!

1. WARUNG APUNG PONDOK ASRI

sumber : id.foursquare.com

Yang pertama adalah restoran apung yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat Lumajang karena restoran apung ini sudah terkenal sejak era 2000an (kalau gak salah sih). Restoran ini menyediakan berbagai macam masakan, terutama masakan oriental dan juga menu "bakar-bakaran" seperti aneka macam ikan bakar dan ayam bakar. Setiap saya pulang kampung ke Lumajang, saya sekeluarga selalu menyempatkan diri untuk family time di sana. Menu yang menjadi favorit kami ketika makan di sana yaitu Ikan Bakar (entah itu gurame, nila, ataupun lainnya), macam-macam sayuran seperti Cap Cay Putih atau Cah Kangkung, serta minuman favorit kami yaitu Es Kelapa Muda atau Es Beras Kencur. Kadang-kadang juga kalau ke sana saat malam minggu, kami memesan Mie Goreng atau Nasi Goreng. Semuanya lezat sekali lho! Apalagi menu seafood-nya, sangat segar sekali karena diambil dari kolam sendiri.

2. WARUNG BU TJIPTO


Warung Bu Tjipto yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Lumajang (sumber youtube.com)

Warung ini bisa dibilang baru muncul sekitar beberapa tahun yang lalu tapi sudah "memikat" warga Lumajang penikmat kuliner. Setahu saya, ada 3 cabang warung Bu Tjipto, yaitu ada di Jalan Suwandak, Jalan Dr. Sutomo (warga Lumajang menyebutnya "stasiun lama" atau dekat kantor pos Lumajang), dan di Jalan Ahmad Yani. Nah, yang menjadi favorit kami sekeluarga yaitu yang ada di Jalan Ahmad Yani karena ada menu favorit Ibu yaitu Soto Ayam karena sotonya segar dan nikmat. Menunya hampir sama dengan Warung Apung yaitu menyajikan berbagai masakan, mulai dari masakan Indonesia juga masakan oriental. Biasanya saya membeli Nasi Goreng atau Mie Goreng karena rasanya enak banget.

3. DEPOT BU LIES


sumber : id.fourquare.com

Depot Bu Lies ini juga bisa dibilang sudah tak asing lagi bagi warga Lumajang. For your information, dulunya Bu Lies ini membuka usaha salon yang terkenal banget. Tapi, sejak "banting setir" menjual berbagai masakan rumahan seperti sayur sop, tumisan, kari ayam, gudeg, serta aneka ragam lauk pauk seperti ayam dengan berbagai macam bumbu, tahu dan tempe bacem atau goreng, telur ceplok, dan lainnya, membuat nama Bu Lies ini semakin dikenal. Biasanya, kalau keluarga kami malas memasak di akhir pekan andalannya hanya membeli aneka sayur dan lauk pauk di Depot Bu Lies ini. Masakan yang menjadi favorit keluarga kami yaitu Gudeg Jogja-nya karena rasanya pas sekali dengan lidah keluarga kami yang berasal dari Yogyakarta. Tak hanya menjual masakan rumahan, namun juga menjual Bubur Ayam yang juga terkenal. Tiap hari Minggu, warung ini RAME BANGET loh, apalagi lokasinya tak jauh dari Alun-Alun Lumajang pas banget bagi warga Lumajang yang ingin menghabiskan akhir pekan bersama keluarga terutama saat Minggu pagi setelah lelah berolahraga di sekitar Alun-Alun Lumajang.

Sebenarnya saat ini Lumajang banyak banget kafe tempat nongkrong dan warung makan instagrammable yang menjadi langganan muda-mudi Lumajang yang sayang banget belum semua saya coba. Tapi, diantara semua restoran di Lumajang, 3 restoran inilah yang menjadi favorit keluarga saya. Bagi kalian warga Lumajang, kasi rekomendasi warung makan atau restoran favorit kalian dong! Bagi yang ingin berkunjung ke Lumajang, yuk cobain makanan di 3 restoran rekomendasiku! Atau kalau kalian suka banget dengan kuliner kaki lima yang endolita endezzz, silahkan cek postingannya Kak Ros yaaa : "KULINER LUMAJANG YANG ENAK"


Wassalaamu'alaikum!



You May Also Like

2 comments

  1. yang paling recommended ya PA itu cil
    recomended mantap warbiyasah

    Nah, kalau nggak salah, capjay mbak eni tuh juga masih sepemilikan dengan PA. rasa capjaynya sama, hahaha


    ehh ada juga, pondok bambu, punyanya euodea, lumayan juga itu

    ReplyDelete