MY IKM STORY #4 : PUSKESMAS TAMBAKREJO WEEK #2

by - September 17, 2017

Assalaamu'alaikum!



Minggu kedua selama saya magang di Puskesmas Tambakrejo merupakan minggu yang istimewa buat saya karena penuh dengan pengalaman-pengalaman seru dan tak terlupakan. Biar gak panjang lebar postingan ini, langsung aja yuk pengalaman yang menjadi highlight pada minggu kedua saya di Puskesmas Tambakrejo!

PENYULUHAN IMUNISASI MR

Kalau sudah mengikuti blog saya, minggu lalu saya melakukan imunisasi MR di salah satu posyandu dekat dari Puskesmas, kali ini saya harus memberi penyuluhan tentang imunisasi MR itu sendiri ke masyarakat. Kebetulan penyuluhannya hanya di sekitar ruang tunggu puskesmas jadi pesertanya hanya pasien-pasien puskesmas. Sasarannya sih pengunjung yang memiliki anak dengan usia 9 bulan - 15 tahun. 


Ternyata para pengunjung serta pasien antusias mendengarkan penyuluhan saya dan banyak ibu-ibu yang menanyakan mengenai imunisasi MR. Apalagi sekarang masih musim kampanye imunisasi MR ini. Kebetulan setiap hari Selasa selama masa kampanye puskesmas melayani imunisasi MR. Saya juga memberi bingkisan sebagai kenang-kenangan kepada peserta yang bertanya.

Awalnya saya cukup canggung berbicara di depan umum, apalagi menjelaskan hal yang berbobot ini, hahaha. Tapi lambat laun suasana menjadi lebih baik. Hehehe. Lumayan lah, latihan ngomong di depan umum terus.

PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK


Setiap Jumat, puskesmas mengadakan program Pemberantasan Sarang Nyamuk. Jadi kami keliling ke suatu wilayah kelurahan untuk memeriksa apakah ada jentik nyamuk di rumah warga atau tidak dan diharapkan tidak ada jentik nyamuk sama sekali. Saya, teman saya, dan mas dan mbak dari Puskesmas Tambakrejo dan ibu-ibu kader di kelurahan Simokerto keliling berkunjung ke rumah warga untuk mengecek apakah bak mandi dan tempat penampungan air sudah dikuras atau tidak karena kalau belum dikuras rawan munculnya jentik-jentik nyamuk. Ternyata, mayoritas bak mandi penduduk kelurahan Simokerto bersih dari jentk nyamuk.

Setelah lelah berkeliling ke rumah warga, kami singgah sebentar di rumah Kader untuk beristirahat dan mendata mengenai data penduduk kelurahan. Kami disuguhi makanan ringan dan juga sarapan, hehehe. Alhamdulillah banget, udah dapat pengalaman, dapat makanan lagi (ups! hehehe)


Itu aja sih sebenarnya highlight dari minggu ini. Tunggu cerita seru minggu depan ya!


Wassalaamu'alaikum!


You May Also Like

0 comments