USAHA TERBAIKKU MENGATASI JERAWATKU

by - July 04, 2017

Assalaamu'alaikum!

"ALHAMDULILLAH, MY SKIN IS GETTING BETTER!!!"


Alhamdulillah, inilah kondisi wajahku saat ini.

Kalau lihat foto ini, kayaknya hampir flawless yaa, hehehe. Mungkin ini efek cahaya dan kamera depan ponselku. Padahal aku gak pakai aplikasi edit foto sama sekali lho! Sebenarnya gak mulus-mulus banget sih karena masih banyak bekas jerawat berwarna kemerahan dan kehitaman, yang bopeng, dan kalau diperhatikan lagi, sebenarnya masih ada beberapa jerawat yang mulai meradang, tapi udah mulai mereda. Setidaknya, kulit saya mulai bersih dan jerawat mulai terkontrol dengan baik (apa'an sih??!)

Keadaan wajah sebelum akhirnya ke dokter kulit 7 bulan yang lalu

Kalau kalian sudah membaca ceritaku mengenai "My Acne Story" pasti tahu kalau saya sedang struggling dengan jerawat sampai saat ini. Berbagai usaha udah aku lakukan agar jerawat saya bisa mereda dan bersih karena setiap jerawatan rasanya nyeri banget dan sangat mengganggu penampilan dan kegiatan sehari-hari. Mulai dari mencoba produk-produk tertentu hingga pada akhirnya berobat ke dokter kulit. Pada postingan blog itu aku sudah menceritakan produk-produk apa aja yang pernah kupakai dari awal jerawatan hingga perawatan di dokter kulit. Tapi, di postingan kali ini, aku akan ceritakan usaha terbaikku mengatasi jerawat sekitar 2 bulan terakhir ini.

Baca juga : MY ACNE STORY

1. MENYEDERHANAKAN SKINCARE ROUTINE

Back to basic! Itulah yang saya lakukan untuk mengatasi jerawat secara perlahan sebab kalau menumpuk terlalu banyak produk jadinya timbul jerawat. Beberapa waktu lalu, aku menjelaskan panjang lebar mengenai perawatan wajah untuk pemula yang cocok juga untuk kamu yang gak cocok memakai produk perawatan wajah yang bertumpuk beserta update skincare routine yang aku gunakan saat itu. Nah kali ini, saya mengatur lagi skincare routine setelah mendapatkan resep dari dokter kulitku selama sebulan terakhir ini sehingga wajahku bisa seperti pada foto di awal.
  • Cleanser : sabun wajah "Acne Wash" dari dokter kulitku atau The Body Shop Drops of Light Pure Clarifying Foam Wash (dipakai bergantian tergantung keinginan mau pakai yang mana) 
  •  Hydrating Toner : The Body Shop Drops of Light Pure Translucency Essence Lotion 
  •  Serum : The Body Shop Drops of Light Brightening Serum 
  •  Pelembap : "Acne Day Cream" dari dokter kulit (pagi hari) dan "Acne Night Cream 3" dari dokter kulit (malam hari)
  •  Sunscreen : The Body Shop Skin Defence Multi Protection Essence Lotion SPF 50 PA++++ 
  •  "Acne Night Cream 4" dari dokter kulit. Ini semacam spot treatment yang dioleskan ke bagian jerawat saja pagi dan malam hari setelah menggunakan hydrating toner. 



Catatan tambahan, bila saya keluar rumah hanya sebentar aja dalam sehari (kira-kira 1-2 jam saja), saya hanya menggunakan Acne Day Cream dari dokter saja karena kata dokternya sudah ada sun protection-nya. Kalau keluar rumah dalam waktu yang lama, saya menambahkan sunscreen setelah pelembap.

Selain itu, saya menambahkan masker sebagai perawatan mingguan. Saya menggunakan The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask dan dilanjut menggunakan sheet mask atau menggunakan hydrating toner banyak-banyak agar tidak kering.

2. MENGATUR POLA MAKAN

Sebenarnya, saya tidak ada masalah dengan pola makan kalau lagi jerawatan. Hanya saja, dokter kulit saya pernah menyarankan untuk mengurangi konsumsi produk susu seperti yogurt ataupun kefir karena dapat memicu jerawat. Berdasarkan pengalaman saya, diet dengan tepat bisa membantu mengontrol dan mencegah timbulnya jerawat.

3. RAJIN KONTROL KE DOKTER KULIT

Seperti yang sudah saya jelaskan bahwa akhirnya saya berobat ke dokter kulit setelah menyerah menggunakan produk over the counter. Akhirnya saya tahu penyebab jerawatnya apa dan bagaimana cara mengatasinya. Tapi, saya juga selalu kontrol rutin ke dokter kulit 2 bulan sekali untuk mengetahui bagaimana perawatan wajah selanjutnya.

4. MENGONTROL STRESS

Ini adalah hal tersulit yang saya lakukan untuk mengatasi jerawat saya. Sebab saya gampang banget stress, hahaha. Setiap kali ngerasa stress, tertekan, langsung deh muncul jerawat sebiji dan itu langsung meradang. Untuk itu, sebisa mungkin bagi saya untuk tetap kalem dalam menjalani hidup ini, tssaaahhh.

Ini dia berbagai usahaku dalam mengatasi jerawat yang saya lakukan selama ini. Semoga hal ini bisa menjadi tips bagi kalian yang memiliki masalah jerawat.


Wassalaamu'alaikum!



Disclaimer: postingan blog ini untuk #1minggu1cerita dengan tema "Usaha Terbaik"



You May Also Like

6 komentar

  1. makanyaaaaa jangan banyak stres, fokus sama hal-hal yang membahagiakanmu dan keluargamu
    gak usah galau dan menggalaukan kegalauan ah~

    btw, penyebab jerawat apa aja ya cil? yang poin 3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca dulu postingan-postinganku sebelumnya tentanv jerawat shayyy

      Delete
  2. Saya baru mikir-mikir pengen pake serum body shop, tapi yg drops of youth "sesuai umur..haha

    Banyak minum air putih kayaknya bagus juga buat wajah secara keseluruhan ;). Semoga jerawatnya cepat hilang yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, saya juga selalu minum air putih. Ini jerawatnya udh bersih, tinggal bekas-bekasnya aja terutama yang bopeng-bopeng

      Kalau saya pengen yg DOL soalnya berharap bekas2 jerawat bisa hilang, dan emg lagi pengen mencerahkan kulit sih, hehe

      Delete
  3. hay. aku jga termasuk memiliki kondisi wajah seperti kamu. dan sdah 3 bulan ini memakai produk tbs yg tea tree. ini beneran ngurangin jerwat sii. tapi mukanya ko jadi ga cerah yaa. mgkin ada rekomendasi produk tbs nya untuk mencerahkan

    ReplyDelete