MUSIK FAVORITKU DI MASA PERALIHAN

by - June 18, 2017

Assalaamu'alaikum!

Saya menyadari bahwa saya terlahir di masa peralihan. Maksudnya, peralihan dari era 90an menuju era milenial 2000an (yap, saya lahir tahun 1995!). Saat itu, saya masih tergolong anak kecil yang cengeng, ingusan, bandel, dan sakit-sakitan (ups!), hahaha.

Beberapa hari yang lalu, saya membaca postingan sahabat saya, Kak Ros, yang mengajak kita bernostalgia mengenai jajanan dimasa 'peralihan'. Saya berasa dibawa kembali ke masa ketika duduk di bangku SD, salah satu jajanan favorit saya saat itu adalah nasgor dan miegor mini buatan Ibu dari teman saya, harganya saat itu sekitar 300 rupiah namun cukup untuk mengganjal perut saat jam istirahat, serta jajanan-jajanan lain yang bisa dibaca di sini.

Baca juga : Jajanan Favorit di Masa Peralihan (by www.halokakros.com)

Bicara masa peralihan, tak hanya makanan dan minuman aja loh yang menjadi "bahan" nostalgia. Namun juga perkembangan musik pada saat itu, terutama musik Indonesia. Bisa dibilang, saya sangat mengikuti perkembangan musik pada jaman era 90an hingga sekitar tahun 2010. Pada masa peralihan itu pula, saya dan (bahkan) kakak saya mulai mengoleksi kaset-kaset yang dibeli di toko kaset terkenal di Lumajang dan mendengarkannya lewat walkman. Kalau sekarang sih, saya lebih suka download lwat internet maupun aplikasi musik dan mendengarkannya lewat ponsel. Baru saja, saya ngobrol dengan Kak Ros mengenai lagu-lagu saat masa peralihan yang membuat kami bernostalgia dengan lagu-lagu era itu. Saya ingin bercerita mengenai beberapa tracklist favorit versi saya.

LAGU-LAGU ERA 90AN


sumber : udonsay.com

Tak banyak lagu yang saya dengarkan saat saya berada di masa 90an karena saat itu saya masih berusia balita, jadi gak mungkin banget dong bila saya mendengarkan lagu cinta-cintaan. Namun yang saya ingat lagu favorit saya saat itu adalah lagu dari SI KOMO. Saat itu saya suka dengan karakter Si Komo dan kawan-kawannya. Tak hanya memiliki kaset musiknya, saya juga memiliki hampir semua buku cerita dan buku mewarnainya. Saya pernah menangis sejadi-jadinya ketika kaset Si Komo rusak dan tak bisa didengarkan lagi. Jujur aja, sampai sekarang saya masih kangen dengan karakter ini karena selain menghibur juga sangat mendidik bagi anak Indonesia.

Mengenai lagu era 90an, saya ingin mengajak kalian ke masa sekarang ini. Beberapa tahun terakhir ini lagi hits membahas "Generasi 90an". Banyak generasi 90an yang kembali bernostalgia dengan lagu-lagu era 90an yang menurutku sangat bagus karena lirik-liriknya sangat puitis dan memiliki makna yang mendalam. Tak heran bahwa lagu-lagu era tersebut sangat everlasting sehingga di masa sekarang tetap enak dinikmati telinga pecinta musik 90an dan bisa dinikmati dari kalangan remaja hingga dewasa.

Album pertama Sheila on 7 (sumber : Wikipedia)

Sebenarnya saya tak banyak tahu mengenai musik di era 90an, namun kalau berbicara musik mancanegara era 90an, yang ingat kalau saat itu sangat kental dengan boyband dengan lagu yang bagus-bagus seperti Boyzone, Backstreet Boys, Westlife. Musisi mancanegara lainnya yang saya tahu di era 90an ada Britney Spears, Jennifer Lopez, M2M, Sixpence None The Richer, No Doubt, dan lain-lain. Kalau musik Indonesia, sebenarnya muncul juga grup musik karena mendapat pengaruh dari mancanegara seperti M.E., Lingua, Warna, AB Three, Bening, ada juga muncul band seperti Sheila on 7, Dewa 19, Kahitna, Gigi, Java Jive, Five Minutes, The Groove, dan lain sebagainya. Begitu pula solois yang muncul sejak di era 90an seperti Ruth Sahanaya, Titi DJ, Rossa, Krisdayanti, dan lainnya (susah nyebutin satu-satu, selain karena lupa juga banyak banget!)


My favorite tracklist (Pop Indonesia) :
  1. Sheila on 7 - Kita
  2. Kahitna - Cantik; Cerita Cinta
  3. Java Jive - Kau yang Terindah; Gerangan Cinta; Menikahlah Denganku; Sisa Semalam
  4. M.E - Inikah Cinta
  5. ... (nanti saya update lagi yaa!)
My Favorite Tracklist (Mancanegara) :
  1. Bryan Adams - Everything I do
LAGU-LAGU ERA 2000 - 2006

Nah, di era ini, saya berada di tingkat TK hingga kelas 5 SD. Mungkin karena terpengaruh dari kakak saya yang saat itu mulai duduk di kelas 3 SMP hingga awal kuliah, saya "teracuni" oleh lagu-lagu cinta yang seharusnya tak pantas didengarkan oleh anak seusiaku saat itu. Bahkan saya mendengarkan, menyanyikannya hingga hafal dengan beberapa lagu-lagu dari era tersebut. 

Peterpan (sumber : liputan6.com)

Pendapat saya mengenai lagu-lagu yang muncul saat itu sama seperti dengan lagu-lagu 90an, memiliki lirik yang bagus dan memiliki makna yang mendalam, mungkin karena ada pengaruh dari jaman 90an. Jenis aliran musiknya juga beragam, mulai dari rock, pop, alternative, hingga rap. Banyak sekali lagu-lagu yang saya sukai dari era 2000an ini baik dari mancanegara maupun Indonesia. Ada yang bilang bahwa kualitas musiknya pada era 90an sampai era 2000an ini sangat bagus (setuju!!!!).

Saya ingin menyebutkan beberapa musisi Indonesia yang muncul saat itu. Yang saya ingat seperti Audy, Peterpan, Ten 2 Five, Andien, Ratu, Samsons, Ungu, La Luna, Tompi, Tangga, dan lain-lain.

Oh ya, pada era 2000an ini, banyak soundtrack film yang bagus-bagus, salah satunya yang menjadi favorit saya adalah Ada Apa Dengan Cinta yang mana semua lagunya diciptakan oleh Melly Goeslaw, juga Alexandria yang semua lagunya dari Peterpan.

My favorite tracklist (Indonesia) :
  1. Rio Febrian - Ku Ada Disini; Bukan Untukku; Maafkan
  2. Glenn Fredly - Januari; Akhir Cerita Cinta; Kasih Putih; Pada Satu Cinta
  3. Kahitna - Andai Dia Tahu; Tak Sebebas Merpati; Aku, Dirimu, Dirinya; Tak mampu mendua
  4. Dea Mirella - Miliki Aku; Menanti
  5. Warna - Masih Ada; Rindu Ini; 50 tahun lagi;
  6. Ungu - Laguku;
  7. Jikustik - Setia; Maaf; Pulanglah Padanya
  8. Naif - Benci untuk mencinta; Air dan Api
  9. Peterpan - Mimpi yang Sempurna; Ada apa denganmu; Jauh Mimpiku; Tak Bisakah; Mungkin Nanti; Kukatakan Dengan Indah
  10. Andien - Sahabat setia; Gemintang; Milikmu selalu;
  11. Ratu - Aku baik-baik saja; Salahkah diriku terlalu mencintaimu; Teman tapi mesra; Dear Diary
  12. Sheila on 7 - Melompat Lebih Tinggi; Berhenti Berharap; Tunjuk satu bintang; dan lainnya
  13. Titi DJ - Bahasa Kalbu; Sang Dewi
  14. Krisdayanti - Yang Kumau; Menghitung Hari;
  15. Ruth Sahanaya - Ingin Kumiliki;
  16. Shanty - Oh Kasih
  17. Marcell - Semusim; Firasat; Hanya Memuji
  18. Anggun C Sasmi - Kembali; Yang Ku Tunggu
  19. Cokelat - Karma; Jauh;
  20. Gigi - Kepastian Yang Kutunggu; Cinta Terakhir
  21. Project Pop - Ingatlah Hari Ini
  22. Mocca - The Best Thing; Secret Admirer; Hanya Satu
  23. Caffeine - Hidupku Kan Damaikan Hatimu
  24. Iwan Fals - Ijinkan Aku Menyayangimu
  25. Samsons - Naluri Lelaki; Kenangan Terindah; Luluh; Akhir Rasa Ini
  26. Ari Lasso - Misteri Ilahi; Mengejar Matahari; Hampa; Perbedaan
  27. Reza Artamevia - satu yang tak bisa lepas; berharap tak berpisah
  28. Tompi - Selalu Denganmu
  29. Ada Band - Masih; Manusia Bodoh; Haruskah Ku Mati; Manja
  30. Agnes Monica - Tak Ada Logika; Tanpa Kekasihku; Seputih Hati
  31. Once - Dealova
  32. Tere - Aku Patut Membenci Dia; Awal Yang Indah
  33. Dan lain-lainnya... (nanti saya update lagi yaa!)
LAGU-LAGU ERA 2006-2007

Saat itu saya duduk di kelas 6 SD dan sepertinya saya mulai beranjak remaja deh. Mengenai musik di era tersebut, jujur saja saya sangat antusias membahas lagu-lagu Indonesia yang pernah saya dengar ketika kelas 6 SD karena menurut saya lagu-lagu di era tersebut sangat bagus dan easy listening. Saking sukanya, saya ingat beberapa momen yang sebenarnya ingin saya ulang kembali di masa sekarang. 

Saat kelas 6 SD, lebih tepatnya setiap jam istirahat, saya, Kak Ros, dan Sarah hobi bermain "Tebak Lagu". Jadi aturan mainnya seperti ujian, yaitu salah satu diantara kami membuat soal ujian berupa penggalan lirik lagu, yang ditanyakan antara lain penyanyi, judul lagunya, dan bisa saja ditanyakan soundtrack film/sinetron saat itu. Bila nilainya lebih tinggi dialah pemenangnya, intinya kayak ujian tulis harian gitu deh.

Selain itu, saya adalah "anak radio" banget! Tiada hari tanpa mendengarkan radio. Belajar pun sambil mendengarkan radio, tidur pun sambil mendengarkan radio hingga ketika bangun tidur stasiun radio tersebut sudah berhenti siaran pada hari itu. Saat itu, biasanya saya mendengarkan radio setiap jam 13.00 sepulang sekolah karena ada acara "IM3 by Request" di Ezha Radio Lumajang, malam hari pukul 18.00 di Semeru FM Lumajang, dan jam 20.00 di Sentral FM Lumajang. Saat itu saya juga meminta lagu pada stasiun radio tersebut lewat SMS menggunakan ponsel orang tua saya, hehehe.

Album Sherina - Primadona (sumber :yes24.co.id)

Kalau berbicara penyanyi favorit, saat itu saya suka sekali dengan Sherina Munaf. Ya, mantan penyanyi cilik itu sempat merilis album ketika ia beranjak dewasa yang berjudul Primadona. Hebatnya, hampir semua lagu yang ada dalam album tersebut merupakan ciptaan dia sendiri loh! Saking senangnya dengan album Primadona itu, saya hafal dengan semua lagu-lagunya. Kalau ditanya apakah sekarang masih hafal? YA! Saya masih hafal karena saya masih mendengarkan lagu-lagu Sherina album Prinadona hingga sekarang.

Selain Sherina, saat itu muncul juga Gita Gutawa. Putri sulung dari Erwin Gutawa ini sempat merilis album dengan salah satu lagu andalannya yaitu Bukan Permainan. Tak hanya penyanyi-penyanyi remaja saja, tapi beberapa penyanyi senior sempat mengeluarkan album pada tahun 2007 seperti Rossa, Titi DJ, dan Krisdayanti. Pada tahun yang sama, juga bermunculan band-band indie seperti Anima, Putih, BOS, Evo, dan lainnya.

My Favorite Tracklist (Indonesia) :

  1. Sherina - Sendiri; Ku Disini
  2. Gita Gutawa - Bukan Permainan
  3. Anima - Bintang; Cinta Katakan Cinta
  4. Titi DJ - Galau
  5. Kertas - Kekasih Yang Tak Dianggap; Selamat Tinggal Kekasih Terbaik
  6. The Titans - Bila; Rasa Ini
  7. Utopia - Baby Doll; Serpihan Hati
  8. Rama - Bertahan
  9. Rio Febrian - Jenuh
  10. Melly Goeslaw - Gantung
  11. Krisdayanti - I'm Sorry Goodbye
  12. Samsons - Kisah Tak Sempurna
  13. Reza Herlambang - Janji Putih
  14. Maliq & d'Essentials - Untitled
  15. Acha Septriasa - Sampai menutup Mata
  16. After - Aku Butuh Cinta
  17. Bunga Citra Lestari - Sunny; Aku Tak Mau Sendiri
  18. Five Minutes - Bertahan; Takkan Rela
  19. Dudi Nuno - Aku Rindu
  20. Rossa - Atas Nama Cinta; Terlalu Cinta
  21. BOS - Indah Dihatimu
  22. EVO - Terlalu Lelah; Amalia
  23. .... (nanti saya update lagi yaa!!!)
LAGU-LAGU ERA 2008-2010


Album pertama Wali (sumber : Wikipedia)

Musik pada era ini, terutama musik Indonesia, bisa dibilang mengalami "penurunan" secara kualitas karena musiknya seperti "melayu", "mendayu-dayu". Memang musik saat itu lagi ngetren dan banyak sekali orang yang suka dengerin karena pengaruh dari ST12 dan Kangen band yang memiliki aliran musik "pop melayu" (kalau tidak salah seperti itu namanya). Disertai pula banyaknya band indie yang bermunculan dengan aliran yang sama dan hanya sekedar "numpang tenar" namun eksistensinya tak bertahan lama hingga saat ini. Tapi, di era itu juga banyak kok lagu-lagu pop yang enak didengar menurutku. Beberapa musisi seperti Vidi Aldiano, Armada (dulu namanya Kertas), juga Wali hadir dengan tembang-tembang yang hitz pada jamannya.

My Favorite Tracklist :
  1. Indah Dewi pertiwi - Baru Aku Tahu Cinta Itu Apa
  2. Ari Lasso feat. Bunga Citra Lestari - Aku dan Dirimu
  3. Dewiq - Bete
  4. Velvet - Memang Pantas
  5. ... (nanti saya update lagi yaa!!!)

Wuh, panjang juga ternyata saya menulis ini, hahaha. Okee, itu dia beberapa lagu dari masing-masing era yang saya sukai saat itu dan terkadang saya masih suka mendengarkannya hingga sekarang. Sekedar untuk bernostalgia saja karena lagu-lagu pilihan saya itu sangat enak ditelinga dan membuat rileks di saat santai. Sebenarnya masih banyak lagu-lagu yang belum tercantum di sini (bahkan barangkali ada yang saya belum tahu) namun karena banyak banget jadi saya gak bisa menuliskannya semua di postingan kali ini. Lagu-lagu apa aja sih yang kalian suka saat era 90an hingga tahun 2000an? Share yuk di kolom komentar berikut ini! Sebutkan lagu-lagu favoritmu, Lalu, ambil gitarmu dan mari bernostalgia!!!


Wassalaamu'alaikum!


You May Also Like

1 comments

  1. Uwaaaaaaaw 😱😱😱


    Mau kukomentarin satu persatuuuuuuu tapi gak cukup di siniiiiih

    Kubalas di blog aku aja yaaaaaah 😆😆😆

    ReplyDelete