CERITA SI HOBI BELANJA

by - June 11, 2017

Assalaamu'alaikum!


Salah satu hobi saya adalah BELANJA! Hahaha, kayaknya aneh banget ya kalau cowok hobi belanja, terutama belanja baju karena biasanya itu kerjaan cewek serta cowok itu lebih cuek soal penampilan. Namun, di jaman sekarang ini banyak banget cowok yang udah mikirin penampilan buat meningkatkan kepercayaan diri, termasuk saya, hehehe.

Sebenarnya saya menyukai dunia fashion sejak SMA, waktu itu saya membaca majalah remaja HighEnd Teen dan waktu ada salah satu fashion item cowok yang bagus banget menurutku sampai berniat untuk membeli "versi murahnya" karena biasa lah yaa harga baju-baju di majalah itu mahalnya setengah matiii. Sampai akhirnya saya dibelikan ibu saya "tiruan" dari baju yang saya inginkan dari majalah itu.

Saat beranjak kuliah, saya merasa "bebas" dari "kekangan" keuangan karena sebenarnya orang tua mendidik sanak-anaknya untuk tidak boros. Tapi, namanya udah tinggal bebas sendiri dari orang tua, rasanya pengen beli macem-macem, mulai dari makanan, baju-baju di mall, bahkan skincare. Hingga saya sadar sih, saya menjadi orang yang cenderung konsumtif dan boros banget.

Awalnya, saya suka banget dengan baju-baju di salah satu brand MLM, Sophie Paris. Saya mengikuti setiap katalog yang terbit. Biasanya saya suka mencari kemeja dan kaos untuk dipakai sehari-hari. Biasanya belinya secara online karena banyak banget member-member Sophie Paris yang berjualan lewat media sosial Facebook saat itu. Sampai akhirnya saya 'menemui' salah satu member asal Kediri yang akhirnya saya mendaftar sebagai member Sophie Paris juga. Nah, dari situ, tak hanya mencoba berjualan aja, tapi saya juga membeli baju, bahkan tas di Sophie Paris. Kira-kira kalau dihitung total pengeluaran per bulan buat beli baju di Sophie Paris bisa sampai sekitar 700ribuan, huhuhu. Boros banget. Tapi sekarang saya udah gak pernah belaja di situ lagi karena upline saya hilang entah ke mana, jadi yaa sudahlah...

Lalu, saat itu lagi ngetren oxford shoes dan saya suka banget karena model sepatu tersebut bagus banget dan cocok dipakai disegala acara, baik formal, ngampus sehari-hari sampai hangout ke mall bareng temen. Saya mencari-cari online shop yang menjual sepatu jenis tersebut, tapi sayangnya gak ada yang cocok, baik dari segi model, warna, bahkan ukuran, gak ada yang pas! Sampai akhirnya saya menemukan Adorable Project yang merupakan merek sepatu lokal asli Bandung. Saya melihat koleksi oxford shoes-nya dan Masya Allah, bagus-bagus banget! Bawaannya pengen diborong semuanya deh! Harganya juga sangat terjangkau di kisaran IDR 140ribu sampai sekitar 200ribuan. Kemudian saya membeli koleksi pertamaku yaitu semacam docmart berwarna abu-abu muda berbahan wol dengan sol berwarna biru turqouise yang simpel tapi bagus banget (kalau kolektor sepatu adorable project pasti tahu nama sepatu ini apa, hehehe, ternyata kualitasnya bagus banget, bahkan sepatu itu awet banget hingga sekarang, berarti udah sekitar 4 tahun sepatu itu. Sejak itu, saya membeli koleksi lainnya seperti sneakers, sandal, boots. Saking sukanya, saya hampir tiap bulan sekali menyempatkan untuk membeli sepatu di Adorable Project meskipun cuma satu pasang buat kuliah sehari-hari, apalagi kalau udah lagi promo diskon bisa kalap beli 3-4 pasang sekali pembelian. Sekarang pun masih sering beli sepatu di sana walaupun udah jarang karena produk terbarunya rata-rata untuk cewek semua, gak ada yang bisa unisex menurutku.

Kemudian, seingat saya waktu itu saya stalking instagram salah satu artis yang meng-endorse kemeja yang sangat bagus menurut yang ternyata belinya di Giyomi. Saya iseng stalking instagramnya. saya tertarik banget dengan kemeja flanelnya karena warnanya bagus-bagus dan harganya sangat terjangkau. Uniknya, koleksi kemeja flanelnya ini snagat limited edition saat itu (sekitar 4 tahun yang lalu) karena kemeja flanelnya itu satu model, satu warna, satu ukuran, dan hanya satu baju saja, jadi sangat terbatas, kalau kelewatan bisa nangis dirimu sebab saya pernah kehabisan kemeja flanel yang saya inginkan itu. Lalu, lama kelamaan, brand fashion lokal asal Surabaya ini sangat berkembang. Akhirnya Giyomi ini punya katalognya sendiri dan websitenya. Setiap kali produk terbarunya keluar di katalog, bawaannya pengen belanja di offline store-nya. Setiap kali berbelanja di Giyomi biasanya saya mengeluarkan budget sekitar 500ribuan termasuk untuk membeli Palasso Pants-nya yang menjadi favorit saya.


Baru-baru ini, saya hobi banget belanja skincare untuk dicoba-coba, apalagi yang harganya lumayan "high end" untuk ukuran saya sebagai anak kost. Saking banyaknya yang saya coba dan saya review di blog, kulit saya jadi jerawatan dan harus "merelakan" produk-produk yang saya gunakan untuk disimpan terlebih dahulu. Akhirnya, produk-produk itu udah gak kepakai lagi dan "terbuang" begitu saja, padahal harganya mahal-mahal, huhuhu.

Namun, saya bertekad untuk HEMAT HEMAT HEMAT HEMAT HEMAT HEMAT HEMAT HEMAT HEMAT HEMAT!!!!!!!!!!! Sebab untuk skincare saya sudha menemukan produk-produk favorit saya yang pasti saya akan repurchase terus, dan kalau masalah fashion, saat ini saya berusaha untuk downsizing my wardrobe yang terinspirasi dari salah satu postingan blognya kak Andra Alodita sehingga koleksi baju saya hanyalah yang saya suka dan mewakili personal style seorang Damar Gumilar. Semoga tekad saya untuk berhemat bisa saya lakukan yaaa!!!

Buat kalian yang cenderung boros, yuk mulai keinginan belanja yang tak perlu dan berhemat!


Wassalaamu'alaikum!





You May Also Like

4 comments

  1. huaaaaaaaaaaaaaa
    kamu lapar mata banget sih ciiiiil
    konsumtif parah

    oo ternyata murah juga ya adorable projects. kukira mahal2. nggak pernah ngecek siiih wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho.oH, susah banget mengatasi lapar mata inii

      Delete
  2. hallo damar ! this is my first tme blogwalking on your page, pas baca aku cuma inget one person haha not only you ko cowo yang suka belanja dan using skin care. Bahkan pacarku aja suka banget belanja, pakai skincare hihiihi
    Aku juga setuju nih maslaah hemat bahkan aku cenderung boros banget untuk belanja make up hihih yukk semangat nabung !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak, thank you for visiting my blog! Hahaha, emang sih Kak, cewek kalo urusan sama make-up gak ada habisnya

      Delete