HARI GINI KENA STROKE, WASPADA BROSIS!

by - February 03, 2019

Assalaamu'alaikum!


Hmmm, lama juga saya tidak menulis di blog, hehehe. Mohon maaf kalau saya sering banget bolos nulis blog setiap minggunya. Namun, Alhamdulillah saya mendapat semangat untuk menulis lagi. Insya Allah saya akan rajin menulis minimal 1 postingan setiap minggu, dan Insya Allah juga saya akan mulai menulis sesuatu tentang kesehatan karena saya bersekolah dibidang kesehatan sekaligus saya menerapkan ilmu yang saya dapatkan :) 

Hmmm, let's go to our topic now! Kalian tahu penyakit yang namanya STROKE kan? Bisa dibilang Stroke merupakan penyakit terganggunya pasokan darah ke otak sehingga otak kekurangan nutrisi karena aliran darah terganggu. Mungkin kalian berpikir kalau stroke menyerang usia tua aja sekitar 50an keatas. Kalau jaman sekarang, hati-hati lho! Usia-usia produktif kayak kita-kita nih bisa rentan banget kena stroke, apalagi mengingat gaya hidup "jaman now". 

Masa sih usia segini bisa kena stroke? Nggak percaya? Baca nih salah satu kisah wanita berusia 20 tahun (sekarang 26 tahun) berikut ini.


Terus, saya juga pernah menemui pasien di rumah sakit kalau nggak salah sekitar umur 30an udah kena stroke dan itu ternyata karena beberapa faktor resiko penyebab stroke. Nah, mau tahu tentang stroke lebih lanjut, bacalah "cerita" saya berikut ini!

Apa sih "STROKE" ?

Stroke adalah penyakit yang menyerang otak di mana suplai darah ke otak terganggu sehingga jaringan otak tidak mendapatkan nutrisi dan makanan untuk jaringan otak. Kalau jaringan otak tidak dapat 'makanan' lama-lama sel-sel otak akan mati (kematian sel otak)


Kenapa sih bisa "STROKE" ?

Nah, Stroke itu ada berbagai kondisi, ada Infark dan Hemorrhagic (maksudnya perdarahan). Infark  itu maksudnya pembuluh darahnya itu menyempit oleh bekuan darah, jadi aliran darah ke otak terganggu, nah bekuan darah ini bisa karena penumpukan timbunan lemak di lapisan pembuluh darah. Sedangkan Hemorrhagic atau perdarahan itu terjadi pembuluh darahnya pecah di otak. Namun, ada juga kondisi stroke ringan atau biasa disebut TIA (Transient Ischemic Attack) yang serangannya mendadak banget. Semua ini sama berbahayanya lho!

Nah, kok bisa sih gara-gara timbunan lemak bisa jadi stroke, begini ceritanyaa! (Kalau ada bahasa yang kurang dipahami, boleh tanya-tanya di kolom komentar kok!

dari akperku.blogspot.com

Gejalanya apa aja sih yang harus diperhatikan?

Hal-hal ini perlu diperhatikan yaaa, hati-hati stroke! (Walaupun gejala-gejala ini belum pasti stroke, jadi harus periksa ke dokter!)

  • Merasa mati rasa atau kelemahan yang tiba-tiba pada wajah, tangan, atau kaki
  • Hilang kesadaran
  • Merasa kesulitan bicara (atau pelo kalau ngomong) bahkan gak bisa bicara sama sekali
  • Sakit saat berjalan
  • Kehilangan keseimbangan kalau misalnya lagi berjalan
  • Pusing ataupun sakit kepala
  • Mata tiba-tiba kabur bahkan buta mendadak
Semua ini kalau kejadiannya mendadak/baru saja terjadi/muncul tiba-tiba (semua istilah disebut yaa wkwkwk), segera periksa ke dokter!

dari pijarbangsa.co.id


Nah, FAKTOR RESIKO yang bisa bikin STROKE!!

Daripada aku males nulis, wkwkwkwk, jadi aku kasi tahu aja yaaa yang aku ambil dari website Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (www.p2ptm.kemkes.go.id)




Apa sih bahayanya STROKE ???






BISA DIOBATI GAK???

Penyakit Stroke itu BISA DIOBATI GAES!!! Tapii karena aku lagi buru-buru nih, jadi MOHON MAAAFFFFFFFFFF banget, aku banyakan copy paste yaaa! Hmmm, gak jadi deh, mending kalian lihat di website ini aja yaa wkwkwkwk


Wassalaamu'alaikum!






You May Also Like

0 komentar