BAJU PILIHAN DARI MASA KE MASA

by - April 15, 2018

Assalaamu'alaikum!


Gaya berpakaian dalam keseharian menunjukkan karakter seseorang. Setiap orang pasti memiliki gaya berpakaiannya sendiri-sendiri, mulai dari anak kecil, remaja, sampai usia tua. Tapi, kadang-kadang, sadar gak sih, kalau gaya berpakaian kita pada saat masih kecil, lalu beranjak remaja, beralih ke dewasa sekarang ini tuh berubah-ubah? Coba deh inget-inget gaya berpakaian kalian mulai dari kalian masih kanak-kanak, saat masa remaja, dan saat ini, ada nggak yang berubah? Yakin deh, pasti ada yang berubah walaupun nggak berubah 180 derajat. Biasanya, seseorang 'mengalami' perubahan gaya berpakaian ketika anak-anak sampai sekarang ada beberapa sebab, seperti karakter pribadi, mengikuti tren, atau ada role model yang ingin ditiru dalam gaya berpakaian. Saya pun juga merasakan hal tersebut, saya juga mengalami 'transformasi' gaya berpakaian dari ketika masih kecil sampai sekarang, hingga saya menemukan personal style bahkan signature style saya.

Pada saat saya masih kecil, yaaa kira-kira duduk di bangku SD, saya ingat kalau setiap hari Sabtu, selalu menggunakan baju bebas dan rapi (kecuali kalau sudah ikut pramuka), biasanya saya dipakaikan baju muslim. Model baju muslim yang saya gunakan saat itu kayak yang biasa dipakai bapak-bapak, intinya saya pakai baju koko dan celana kain. Saat itu mungkin saja saya bisa menggunakan baju muslim merek ternama seperti Dannis atau Keke, tapi masalahnya adalah ibu saya tak suka bila membeli baju mahal-mahal (saat itu menurut kami-walaupun bapak saya dokter-baju muslim merek gitu mahal banget), selain itu, ukurannya tidak ada yang pas di badan saya yang gendut banget saat itu. Tapi, kalau untuk hari-hari santai (diluar sekolah), sebenarnya biasa aja sih, pakai kaos dan celana panjang. Kalau untuk bepergian seperti liburan, biasanya Ibu saya memakaikan saya kaos lengan panjang dan juga celana panjang kain. Saya suka dengan gaya berpakaian pilihan Ibu saya, kalau menurut saya, tampilan tersebut lebih sopan sih.


Menggunakan kaos lengan panjang dan celana kain bisa dibilang menjadi gaya berpakaian saya sehari-hari di luar sekolah seperti les atau kalau lagi liburan. Saya nyaman banget. Berbagai model kaos lengan panjang saya gunakan, mulai dari motif garis-garis, koas olahraga bekas punya kakak saat SMP dan SMA yang bergambar spiderman, sampai yang polosan. Kalau celana kainnya biasanya polosan dengan warna-warna netral seperti hitam, biru dongker, coklat tua, abu-abu, dan krem. Hampir tidak pernah pakai jeans. Saya pakai jeans itu sekitar mulai kuliah karena baru mendapatkan ukuran jeans yang pas pada saat itu.

Nah, pada saat kuliah, saya mulai suka dengan kaos kerah atau biasa akrab dengan nama polo shirt. Saya biasa pakai saat kuliah dan juga acara santai seperti hangout dengan teman ataupun liburan. Menurutku, menggunakan kaos kerah selain terlihat trendi bagi anak kuliahan, juga keliatan lebih dewasa sih. Tak heran juga kalau ibu saya sering membelikan saya kaos kerah bareng sama Bapak karena bapak saya juga suka pakai kaos kerah. Untuk celananya mulai sering pakai celana jeans sih, tapi jenis celana jeans-nya yang model straight fit.



Kalau berpakaian saat kuliah sehari-hari, saya lebih suka menggunakan kemeja lengan panjang yang digulung sampai 7/8 atau 3/4, dan sedikit kebesaran, serta celana kain yang selalu saya beli di Giyomi karena selain sopan, tapi juga nyaman dan stylish, hehehe. Kalau jaman kuliah model kemeja yang saya gunakan biasanya berwarna polos, motif garis-garis vertikal maupun kotak-kotak. Sedangkan untuk warna celananya sih bermain di warna aman seperti hitam, abu-abu gelap, krem, biru dongker, dan coklat. Namun, saya sempat menggunakan celana jeans ketat ketika kuliah sehari-hari, namun beberapa lama setelah itu saya mulai tinggalkan celana jeans ketat karena menggunakan celana ketat terlalu sering berbahaya bagi kesehatan, salah satunya adalah sering kesemutan, menghambat sirkulasi darah, merusak kulit. Saya sering mengalami kesemutan dan nggak nyaman saat menggunakan celana jeans ketat.


Kalau gaya berpakaian saya jaman sekarang, seperti yang bisa dilihat pada postingan Personal Style saya, sebenarnya saya masih suka menggunakan kemeja lengan panjang sedikit oversized yang lengannya digulung 7/8 atau 3/4 dan juga celana slim fit dalam gaya santai sehari-hari. Namun saat ini saya mulai menyukai oversized shirt dari COTTON INK dan celana wide leg atau sejenis 'kulot' karena menurut saya jauh lebih nyaman digunakan sehari-hari dan lebih bebas bergerak, sehingga tetap aktif beraktivitas dengan nyaman tapi tetap modis.

Begitulah 'transformasi' gaya berpakaian saya mulai saat saya kecil sampai dewasa saat ini. Gaya berpakaian saya lumayan simpel sih dan tidak banyak perubahan yang drastis banget. Saya tidak terlalu mengikuti tren busana, yang paling penting menurut saya adalah kenyamanan saat menggunakannya, nyaman dalam arti nyaman dengan bahan pakaian yang dipakai juga percaya diri dengan model baju yang kamu gunakan. Apapun model baju/tren baju namun kamu sangat percaya diri menggunakannya, orang lain bakalan 'terpesona' dengan gaya berpakaianmu. Gituuu...

Jangan lupa untuk melihat cerita 'transformasi' gaya berbusana sohib saya, Kak Ros di sini ya. See you on my next post!


Wassalaamu'alaikum!



You May Also Like

4 komentar

  1. setuju banget kak! yang penting nyaman and pede pas makainya heheheh ngga yang terlalu ngikutin tren2 gituuu.

    ReplyDelete
  2. Aku sudah bisa menebak gaya pakaianmu gimana
    Yaiyalah, lahwong udah kenal mulai TK, sekolahnya samaan terus 😂

    ReplyDelete