MY BEST SKINCARE PRODUCTS 2017

by - January 15, 2018

Assalaamu'alaikum!


Alhamdulillah, tak terasa banget sekarang memasuki tahun 2018 yah, padahal kayaknya baru kemarin tahun 2017, hahaha. Semoga tahun 2018 ini bisa menjadi tahun yang lebih baik dari tahun sebelumnya dan menjadi tahun yang menyenangkan dan bermakna yaa buat kita semua.

Anyway, sepanjang tahun 2017 ini saya mencoba berbagai macam produk skincare, mulai dari yang terjangkau, sampai yang agak mahalan, hehe. Setelah mencoba berbagai macam produk, akhirnya saya memutuskan untuk membuat postingan mengenai produk skincare terbaikku selama tahun 2017 ini. Yang mana produk-produk tersebut adalah yang benar-benar cocok di kulit saya dan saya suka banget. Langsung aja yaa cek satu per satu kategori ini.

MY BEST FIRST CLEANSER 2017

Di tahun 2017 ini, saya mulai melakukan double cleansing dengan menggunakan 2 jenis pembersih. Selama 2017 ini, saya menggunakan micellar water terlebih dahulu, kemudian saya gunakan sabun muka. Sebenarnya sih, yang benar adalah menggunakan pembersih berbahan dasar minyak sebagai first cleanser untuk membersihkan sisa sunscreen, debu, kotoran, dan minyak berlebih. Saya gunakan micellar water aja karena saya pikir tidak perlu menggunakan cleansing oil, apalagi saya tidak menggunakan make up, hahaha.



Micellar water favorit saya sepanjang 2017 ini adalah BIODERMA SEBIUM H20 yang sudah saya gunakan sejak 2 tahun lalu karena benar-benar mengangkat kotoran dan minyak dengan sempurna tanpa membuat rasa kering, malahan justru memberi kelembapan juga di kulit saya. Tapi, karena harganya mahal menurut dompet saya, saya punya alternatif yang harganya jauh lebih terjangkau (kalau lagi bokek) tapi hasilnya kurang lebih sama seperti Bioderma, yaitu NIVEA MAKE UP CLEAR MICELLAR WATER FOR OILY SKIN (yang warna biru). Harganya sekitar 40ribu-50ribu (tergantung beli di mana) tapi untuk botol ukuran 200ml sangatlah terjangkau.

MY BEST SECOND CLEANSER 2017

Kalau sabun muka favorit saya, pasti udah banyak yang bisa nebak. Sabun muka favorit saya 2017 yaitu THE BODY SHOP DROPS OF LIGHT PURE CLARIFYING FOAM WASH karena tidak membuat kulit kering dan pemakaian sedikit saja sudah cukup untuk membersihkan wajah. Selain itu, juga dapat mencerahkan wajah saya.



Namun, sabun wajah favorit saya di tahun 2017 tak bisa memilih satu saja. Selain sabun wajah resep dari dokter kulit yang masih saya gunakan hingga sekarang, saya juga suka banget dengan THE BODY SHOP SEAWEED DEEP CLEANSING GEL WASH serta THE BATH BOX SUGAR FACE CLEANSER. Saya suka sabun muka TBS dari seri seaweed karena dapat membersihkan wajah tanpa membuat kulit kering meskipun mengandung SLS. Sedangkan saya suka TBB Sugar Face Cleanser karena teksturnya unik, wanginya enak banget, dan bisa membantu mengatasi jerawat. Ssst, sekarang The Bath Box sudah mendapat registrasi BPOM loh, jadi sudah terbukti keamanannya!

Sebenarnya, alternatif untuk harga lebih terjangkau, saya lebih suka Acnes Natural Care Complete White Face Wash sejak dulu jaman SMA karena dapat mengatasi jerawat serta mencerahkan wajah, tapiiii saya tidak menggunakannya selama tahun 2017 kemarin. Jadi saya tidak bisa bilang menjadi sabun wajah terfavorit 2017, hehehe.

MY BEST HYDRATING TONER/ESSENCE LOTION 2017

Untuk kategori ini, kebetulan saya punya beberapa jagoan di tahun 2017, hehe, curang banget ya. Kalau produk yang bersifat hydrating, juara saya jatuh pada THE BODY SHOP DROPS OF LIGHT PURE TRANSLUCENCY ESSENCE LOTION karena Alhamdulillah cocok banget di kulit saya sebab dapat mencerahkan kulit saya dan melembapkan kulit juga. Saya suka banget menggunakan produk ini dengan metode 7 skin method karena lebih melembapkan kulit saya dan gak perlu beli pelembap sehingga menghemat ruang tempat skincare saya, hehehe. Selain itu, cocok juga digunakan di kulit acne prone seperti saya.



Tahun 2017 ini saya juga mengandalkan 2 toner dari salah satu merek lokal asli Indonesia, yaitu SACRE SKIN ACNE TONER dan SACRE SKIN ROSE WATER. Saya 'pengabdi setia' SACRE SKIN ACNE TONER kalau wajah lagi jerawatan banget karena membantu meredakan dan menyembuhkan jerawat saya. Biasanya saya mengompreskan bagian wajah yang berjerawat dengan kapas (dipotong kecil-kecil sesuai dengan besar jerawatnya) yang sudah diberi toner ini. Kemudian setelah itu diberi krim totol jerawat dari dokter, udah deh besoknya langsung kering dan tidak meradang lagi.

Berbeda dengan SACRE SKIN ROSE WATER, selain saya gunakan sebagai hydrating toner, juga digunakan sebagai face mist kalau wajah lagi terlihat lelah ataupun disemprot setelah melakukan perawatan seperti peeling untuk meredakan rasa perihnya. Ke mana-mana saya sering membawa produk ini yang ditaruh ke dalam botol spray kosong.

MY BEST SERUM 2017

Kalau yang sudah baca postingan saya mengenai Novermber Favorites pasti sudah tahu juara versi saya dalam kategori ini, THE ORDINARY ALPHA ARBUTIN 2% + HA. Sepanjang saya menggunakan serum dalam rutinitas perawatan wajah saya, ini yang paling cocok dan ada hasilnya di kulit saya. Wajah saya menjadi jauh lebih lembap dan halus, kalau bekas jerawat mulai memudar tapi belum secara signifikan dan saya rasa dapat mencerahkan wajah juga, karena banyak banget teman saya yang notice kalau wajah saya terlihat lebih cerah dari sebelumnya (sejak 4 bulan terakhir saya tidak menggunakan rangkaian TBS Drops of Light karena lagi gak mampu beli, hehehe). Jadi saya bakalan terus menggunakan serum ini deh, hahaha.


MY BEST MOISTURIZER 2017



Bisa dibilang di tahun 2017 ini akhirnya saya menemukan pelembap yang benar-benar cocok di kulit saya, yaitu HADA LABO PERFECT 3D GEL. Awalnya saya kepincut produk ini karena video Skincare 101 Female Daily yang membahas kulit sensitif. Dan ternyata saya cocok banget dengan produk ini karena benar-benar melembapkan kulit dan tidak menyebabkan reaksi negatif, jadi benar-benar cocok banget untuk kulit yang acne prone juga. Karena tidak mengandung SPF, jadi saya juga menggunakan produk ini pagi dan malam hari. Kekurangan dari produk ini sih sebenarnya agak lengket, tapi lumayan cepat kok meresapnya. Jadi tak masalah buat saya.


MY BEST SUNSCREEN 2017



Kategori ini saya mempunyai beberapa jagoan juga nih dari berbagai versi harga, hehe. Kalau versi 'pricey'-nya, saya suka THE BODY SHOP SKIN DEFENCE karena memiliki SPF yang tinggi yaitu SPF 50 jadi kadang-kadang cukup sekali saya saya pakai di pagi hari sudah cukup untik seharian. Selain itu, juga dapat mencerahkan kulit saya, sama seperti rangkaian TBS Drops of Light. Harganya sekitar 399-479ribu rupiah dengan 2 ukuran yaitu 40ml dan 60ml.


Kalau versi harga 'menengah'-nya, saya suka dengan sunscreen 'sejuta umat' yaitu BIORE UV AQUA RICH WATERY ESSENCE karena selain memiliki SPF yang tinggi yaitu SPF 50, juga dapat melembapkan kulit karena mengandung asam hialuronat. Selain itu, wanginya juga enak banget dan  bisa dipakai di wajah dan badan. Harganya sekitar 100ribuan tergantung kamu belinya di mana.

Nah, kalau versi sangat terjangkaunya, saya menyukai SKIN AQUA UV WHITENING MILK SPF 20 dan EMINA SUN PROTECTION SPF 30. Saya suka dengan kedua sunscreen tersebut karena aman di kulit berjerawat saya yang kadang-kadang agak rewel kalau menggunakan tabir surya yang sangat terjangkau. Harganya juga sangat murah, tidak sampai 50 ribu rupiah.

MY BEST MASK 2017

Saya suka dan merasa cocok dengan masker yang bersifat 'mendetoks' kulit, terutama yang mengandung charcoal karena membuat wajah saya terlihat lebih bersih dan terhindar dari jerawat. Berbagai masker yang mengandung charcoal sudah saya coba dan alhamdulillah cocok semua di kulit saya, seperti THE BODY SHOP HIMALAYAN CHARCOAL PURIFYING GLOW MASK dan FREEMAN DETOXIFYING CHARCOAL + BLACK SUGAR MUD MASK. Saya juga tidak bisa memilih satu diantara 2 masker itu karena ada keuntungan dan kerugian sendiri. Kalau TBS harganya lebih mahal tapi mudah didapatkannya (kecuali kalau lagi habis di mana-mana), sedangkan kalau Freeman lebih terjangkau tetapi susah didapatkan karena belum masuk pasar Indonesia. Tapi kalau urusan kenyamanan saat dipakai, saya lebih suka yang Freeman sebenarnya karena lebih nyaman di kulit saya.


MY BEST PEELING GEL 2017

Sebenarnya saya gak mau menambahkan kategori ini karena sudah jarang banget pakai produk peeling gel. Tapi di tahun 2017 ini saya lumayan sering coba-coba produk ini dari berbagai merek. Favorit saya adalah yang harganya sangat terjangkau dan bisa dibeli di minimarket (bahkan!) yaitu MUSTIKA RATU GREEN TEA PEELING GEL karena efektif mengangkat sel kulit mati dan aman banget dipakai di kulit rentan berjerawat. Yang paling penting adalah gak lengket sama sekali saat dibilas karena ada beberapa peeling gel kalau dipakai rasanya lengket karena menempel pada rambut halus di wajah saya sehingga terasa sakit saat membilasnya. Tapi pada tahun 2018 ini saya tidak tahu apakah menggunakan semacam peeling gel lagi.


Itu dia beberapa produk favorit saya selama tahun 2017. Sampai saat ini saya tetap menggunakan produk dari dokter kukit saya seperti sabun wajah, krim totol jerawat, dan krim malam. Kalau di tahun 2018 ini saya berinisiatif untuk memghabiskan semua produk skincare yang saya miliki saat ini dan rencananya sih juga merubah skincare routine, terutama fokusnya untuk mengatasi bekas jerawat dan mencerahkan wajah karena jerawat saya sudab lebih mendingan walaupun sering banget muncul 1 atau 2 biji. Mungkin saya bakalan update di blog ini nanti kalau saya sudah mendapatkan 'skincare menu' yang pas di kulit saya. Meskipun juga di tahun 2018 ini saya juga mencoba-coba produk skincare yang sudah lama saya incar, hehehe.

Sedikit cerita tentang resolusi skincare saya di tahun 2018 ini. Saat ini saya sedang berusaha untuk menghabiskan produk skincare yang sudah saya miliki saat ini (kecuali yang travel size karena saya gunakan untuk travelling saja) sebab selama 2017 ini saya lumayan boros dalam membeli dan mencoba produk skincare. Setelah itu, saya mulai menyusun skincare routine lagi terutama untuk mengontrol jerawat dan mengatasi bekas jerawat serta mencerahkan wajah. Selain itu, untuk menyeimbangkan merawat kulit dari luar, harusnya juga merawat kulit dari dalam tubuh. Saya akan berusaha untuk hidup lebih sehat dan mengontrol stres karena pemicu jerawat saya tersering karena faktor stres.

Apa produk perawatan wajah favorit kalian selama tahun 2017 kemarin? Bagikan di kolom komentar juga ya, siapa tahu saya juga ingin mencoba produk favorit kalian! See you on my next post!


Wassalaamu'alaikum!

You May Also Like

8 komentar

  1. Duh pengen banget coba macem-macem skincare dan 10 langkah skincare yg lagi booming itu, tapi apalah wajah aku mah sensitif banget..

    Aku baru lepas dari perawatan dokter, karena jerawatan parah selama 6 bulan terakhir. Sekarang lagi cobain Melanox baru seminggu.. Mudah2an ga ada masalah hehe.

    Mungkin nanti akan coba dari produk2 diatas hehe

    Salam kenal Kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, semangat menghadapi kulit sensitif ya, hehe

      Delete
  2. jujur aku shock lo cowo care sama kuliiiit ...merasa terhenyak ... hiks.. saya baru melek dunia perskincare juni tahun lalu ... udah pake 10 step juga tp krn terlalu rich malah bruntusan.. akhirnya kurangi step sama dosis hehe ... daaaaan saya tadinya juga mau nulis ttg skincare lhoooo ...tapi masih males .. seneng banget dpet tulisan kaya gini ... paling ga bikin rajin lagi nyari2 produk2 HQ berhubung beberpa produk udah pada mau habis. Butun yang mengandung niacinamide biar warna kulit rata.. ada rekomendasi ga? makasi ya... maap panjang hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, saya masih trial and error masalah skincare kok. Sekarang sih sudah banyak produk yg mengandung niacinamide, kayak Wardah White Secret Essence, atau The Ordinary Niacinamide serum juga

      Delete
  3. Daaaaaan Kamu pakenya rata-rata Bodyshop yang harganya ampun deh
    Nggak boros Dam, sebanyak ini? Wkwkwkw

    Kalo aku sih cukup 1 cleanser, 1 facewash, 1 mask.
    Kadang-kadang kalo lagi pengen plus serum dan sheet mask juga.
    Itu aja hihi #Eh #TernyataBanyakJuga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, emang kebanyakan The Body Shop sih Bang, tapi aku juga punya alternatif produk lain yg cocok selain TBS klo lagi gak mampu beli TBS bang, hehehe

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Wow baru mampir pertama kali kesini dan sejujurnya agak shock ya😅 kok ada laki2 yg care bgt dgn kesehatan kulit wajah dan suka coba2 skincare gtu? Karna ya taulah laki2 kan dikenal dgn sifat yg cuek tp ini bahkan masyaAllah skincare nya melebihi saya yg perempuan hahaha. Tp makasih ya mas, saya terbantu bgt dgn review yg tentang Garnier Clay Mask itu. Karna baru mau cobain! 😄😄😄😄

    ReplyDelete